Raihan Kursi Partai Gerindra di DPRD Jawa Barat Menurun

Kursi menurun tapi suara partai tertinggi di Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Partai Gerindra memperoleh suara terbanyak untuk DPRD Jawa Barat 2024. Partai berlambang kepala burung Garuda ini mengklaim 20 dari total 120 jatah kursi dewan perwakilan rakyat daerah Jawa Barat.

Berdasarkan berita acara pleno rekapitulasi suara KPU Jawa Barat, Partai Gerindra menang di seluruh daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat dengan memperoleh 4.301.851 suara. Perolehan itu juga mengungguli PKS dengan 3.801.216, Golkar dengan 3.590.621 dan PDIP dengan 2.970.222 suara.

1. Perolehan kursi Partai Gerindra menurun

Raihan Kursi Partai Gerindra di DPRD Jawa Barat Menurunilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar, Buky Wibawa mengatakan, raihan suara Partai Gerindra di Pileg 2024 memang tinggi, meski perolehan kursi mengalami penurunan jika dibandingkan periode sebelumnya.

"Pertama tentu saja kami menyambut baik perolehan kursi ini walaupun secara jumlah kursi ini kita berkurang dari 25 menjadi 20. Tapi, raihan suaranya sebetulnya naik dari periode lalu," ungkap Buky, Kamis (21/3/2024). 

Menurutnya, raihan sura terbanyak ini juga membuat catatan baru untuk Partai Gerindra karena selama dua periode memperoleh suara banyak di DPRD Jawa Barat, mengalahkan beberapa partai politik lainnya.

"Alhamdulillah Gerindra masih tetap menjadi pemenang di provinsi dan ini memecahkan mitos bahwa tidak pernah ada parpol yang dua kali berturut-turut menjadi pemenang di DPRD Jabar. Ini memecahkan mitos itu," ucapnya.

2. Tidak ada caleg memperoleh tiga kursi di satu Dapil

Raihan Kursi Partai Gerindra di DPRD Jawa Barat MenurunIlustrasi partai Gerindra dan PAN (IDN Times/Ruhaili)

Buky mengungkapkan, dari 20 kursi itu, masing-masing dapil menyumbangkan paling banyak dua kursi. Perolehan dua kursi Gerindra didapat di Dapil VI, Dapil X, Dapil XI dan Dapil XII.

"Gak ada yang tiga kursi, dua kursi ada dari Kabupaten Bogor, kemudian dapil Karawang Purwakarta, kemudian Cirebon, Cirebon, Indramayu, kemudian Sumedang, Majalengka, Subang itu dua kursi," ujarnya.

3. Partai Gerindra belum tentukan sosok cagub

Raihan Kursi Partai Gerindra di DPRD Jawa Barat Menurunwww.bing.com

Lebih lanjut, Buky menyebut raihan 20 kursi di DPRD Jawa Barat menjadi modal penting bagi Gerindra untuk menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. Namun Buky enggan berkomentar lebih jauh soal kontestasi Pilkada yang akan datang.

"Saya belum bisa berkomentar tentang itu, jadi itu nanti kan ada ranah DPP dan ada nanti akan berdiskusi dengan ketua DPD, jadi saya sendiri belum bisa berkomentar tentang Pilkada itu," kata dia.

Baca Juga: Istri Bupati hingga Petahana Lolos DPR dari Jabar X, Iwan Bule Keok

Baca Juga: Daftar Caleg Dapil Jabar V yang Lolos: Fadli Zon, Primus, hingga Adian

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya