Puncak Arus Mudik Lokal di Jabar Terjadi H-2 Lebaran 2024

Pemudik lokal akan banyak gunakan kendaraan umum dan pribadi

Bandung, IDN Times - Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin memprediksi pergerakan pemudik di dalam provinsi bakal terjadi pada H-2 lebaran 2024. Pemudik yang menggunakan kendaraan umum banyak bergerak pada tanggal tersebut.

"Kemungkinan H-2 puncak pemudik lokal, itu kayak Garut, Tasikmalaya. Itu untuk kendaraan umum, kalau pribadi sekarang sudah puncak, kami sudah antisipasi," ujar Bey di Terminal Leuwipanjang, Sabtu (6/4/2024).

1. Mitigasi kebencanaan di jalur pemudik telah dilakukan

Puncak Arus Mudik Lokal di Jabar Terjadi H-2 Lebaran 2024Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga melakukan langkah mitigasi kebencanaan dengan menerjunkan langsung berbagai personel di berbagai posko. Bey memastikan semua titik jalir di Jawa Barat harus diwaspadai untuk kebencanaan.

"Titik rawan kami pantau semua, kami sudah melakukan antisipasi penanganan kebencanaan saat arus mudik," katanya.

2. Pemudik kendaraan pribadi diminta berhati-hati

Puncak Arus Mudik Lokal di Jabar Terjadi H-2 Lebaran 2024Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Bey menghimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan mobil dan motor bisa lebih mempersiapkan kendaraannya. Dia mengingatkan, jika pengemudi merasa ngantuk, ada baiknya istirahat.

"Pastikan kendaraan layak jalan, jadi kalaupun ngantuk berhenti, jangan buru-buru yang penting selamat sampai tujuan. Pengguna kendaraan umum juga sehat jangan sampe sakit di jalan," kata dia.

3. Belum ada kemacetan tinggi di H-4 lebaran

Puncak Arus Mudik Lokal di Jabar Terjadi H-2 Lebaran 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Berdasarkan pantauan dari pagi hingga siang hari, Bey mengatakan, kendaraan yang melintas di wilayah Jawa Barat masih ramai lancar, belum ada penumpukan dan kemacetan. Di wilayah Bandung Raya juga dipastikannya masih lancar.

"Kondisi masih normal belum ada lonjakan signifikan di sekitar Bandung Raya khususnya," kata Bey.

Baca Juga: H-4 Lebaran: Jumlah Kendaraan di Jalur Selatan Jabar Mulai Meningkat

Baca Juga: 4,4 Juta Keluarga di Jabar Dapat Bantuan Cadangan Pangan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya