Perpindahan PT Pindad dari Bandung ke Subang Terus Berprogres

Pencarian lahan sudah dilakukan beberapa waktu kemarin

Bandung, IDN Times - Rencana perpindahan pabrik PT Pindad ke kawasan industri Kabupaten Subang oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo nyatanya buka sekadar wacana. Pencarian lahan untuk tempat baru itu kini sudah berprogres.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan, lokasi atau tempat baru ini rencananya akan menggunakan lahan dari Kementerian BUMN di Kabupaten Subang. Peninjauan langsung terhadap lahan tersebut juga sudah dilakukan.

"Kami masih cari lokasi, ada tanah di Subang dari Kementerian BUMN. Kami sudah deal, kami juga sudah survei lapangan awal. Tapi ada beberapa alternatif mungkin saja juga di tempat lain. Kami masih survei," ujar Abraham, Selasa (19/9/2023).

1. Pindahan dilakukan secara bertahap sampai lima tahun ke depan

Perpindahan PT Pindad dari Bandung ke Subang Terus BerprogresPT. Pindad (Persero)

Abraham menjelaskan, pemindahan ini pada dasarnya akan dilakukan secara bertahap sampai lima tahun ke depan. Sebab ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti lingkungan sekitar dan dari segi keamanan.

"Persiapan kami lakukan, karena kalau bicara pindah itu Pindad ada tahapan. Mungkin sekitar empat sampai lima tahun ke depan. Apalagi kami harus industri pertahanan. Buffer zone harus diperhitungkan, karena terkait dengan bahan peledak," tuturnya.

2. Pindad siap dipindahkan ke Kabupaten Subang

Perpindahan PT Pindad dari Bandung ke Subang Terus Berprogrespindad.com

Disinggung soal pemindahan yang sepertinya akan bersamaan dengan PT Dirgantara Indonesia (DI), Abraham mengatakan, hal itu masih belum ia ketahui. Namun ia akan meminta kejelasan pemindahan PT Pindad pada Presiden Jokowi.

"Setahu saya begitu (pemindahan bersama PT DI) yang pasti PT Pindad waktu kunjungan beliau ke Turen, Malang, agar itu mulai disusun studinya untuk tahap pemindahan," katanya.

3. Pemindahan berdasarkan permintaan Presiden Jokowi

Perpindahan PT Pindad dari Bandung ke Subang Terus Berprogres(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa rencana pemerintah untuk memindahkan PT Pindad dari Bandung ke Kawasan Industri Subang, pada saat kunjungan di PT Pindad, di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

"Akan kami geser Pindad yang berada di Bandung, untuk dipindahkan secara bertahap ke kawasan industri di Subang yang dimiliki Kementerian BUMN," kata Jokowi.

Presiden menjelaskan pemindahan PT Pindad tersebut perlu dilakukan, khususnya untuk perluasan lahan yang dibutuhkan guna pengembangan industri pertahanan dalam negeri yang dinilai memiliki potensi untuk mendorong kinerja ekspor.

"Sehingga betul-betul memiliki sebuah lahan yang luas untuk pengembangan Pindad karena (industri ini) memiliki prospek yang sangat baik," katanya.

Baca Juga: Disopiri Prabowo, Presiden Jokowi Naik Mobil Maung di PT. Pindad

Baca Juga: Jokowi Optimistis Pindad Masuk 50 Besar Industri Pertahanan Dunia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya