Pemprov Jabar Masih Periksa Izin Holywings Bandung

Pemprov Jabar belum ketahui soal izin Holywings Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tengah melakukan pemeriksaan perizinan operasional bar Holywings atau beer house di Bandung. Hal ini dilakukan usai kasus promo alkohol gratis bagi yang bernama 'Muhammad dan Maria'.

Sebelumnya, izin bar Holywings ini sempat disinggung oleh Pemkot Bandung. Holywing di Bandung memiliki dua tempat, pertama di Jalan Karangsari, dan di komplek Mal Paskal. Adapun yang masuk izin ke Pemprov Jabar ada di Paskal.

1. DPMPTSP tengah periksa semua perizinan Holywings

Pemprov Jabar Masih Periksa Izin Holywings BandungSejumlah outlet Holywings di DKI Jakarta resmi dicabut izin usahanya. Penutupan outlet ini dilakukan oleh Satpol PP DKI Jakarta, Selasa (28/6/2022). (dok. IDN Times/Istimewa)

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Noneng Komara mengatakan, saat ini ia masih menyelidiki perizinan bar Holywings. Dengan begitu, ia belum bisa memastikan lebih jelas kabar perizinan itu.

"Kita sedang pengecekan mendalam (soal perizinan bar Holywings)," kata Noneng melalui pesan singkatnya, Kamis (30/6/2022).

2. DPMPTSP berkoordinasi dengan pihak terkait

Pemprov Jabar Masih Periksa Izin Holywings BandungInstagram

Noneng menjelaskan, dalam pengecekan perizinan ini DPMPTSP akan berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam izin operasional tempat hiburan dan restoran.

"Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) dan Pemkot Bandung," kata dia.

3. Terancam tutup permanen

Pemprov Jabar Masih Periksa Izin Holywings BandungIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, penutupan Holywings yang ada di kota ini kemungkinan bakal tutup permanen. Karena berbagai fasilitas penunjang publikasi seperti plang sudah diturunkan.

"Kalau nanti dia (Holywings) mau buka lagi kita tidak tahu ya. Tapi prinsipnya (Pemkot) mengapresiasi bahwa karena mereka juga warga Bandung dan mereka sebetulnya tidak ikut promosi SARA," ujar Yana, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, penutupan gerai juga dilakukan untuk menghindari kericuhan yang sempat muncul di kalangan masyarakat. Meski gerai Holywings yang ada di Bandung tidak ikut mempromosikan SARA, tapi manajemen yang ada di sini memilih untuk menghentikan operasionalnya.

"Jadi demi menjaga kondusivitas mereka memutuskan tutup sendiri," katanya. 

4. Pihak manajemen belum pikirkan nasib pegawai

Pemprov Jabar Masih Periksa Izin Holywings BandungWali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Perwakilan dari Manajemen Holywings Bandung, Erick, menyebut ada sekitar 100 karyawan yang bekerja di dua gerai itu. Menurutnya, Holywings belum menentukan nasib ratusan karyawannya usai dua gerai di Kota Bandung ditutup.

Pihak manajemen juga belum memutuskan gerai Holywings di Kota Bandung nantinya akan kembali dibuka atau tidak.

"Ini terjadi lumayan cepat jadi kita belum berpikir sampai ke sana (nasib karyawan)" ucap dia.

Baca Juga: Holywings Ditutup, Pemkab Tangerang Janji Fasilitasi Karyawan

Baca Juga: Dua Gerai Holywings Bandung Tutup, Manajemen Belum Pikirkan Nasib Pegawai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya