Pemprov Jabar Gencarkan Berbagai Program Bantu Anak Yatim

Salah satu program yang dibuat yaitu Gerobag Ramadan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus membantu mensejahterakan anak yatim. Berbagai program telah dibuat salah satunya Gerobag Ramadan (Gerakan Berbagai Menuju Masyarakat Madani) oleh Jabar Quick Response.

Gerobag Ramadan ini baru saja digelar di SOR Saparua, Kota Bandung pada tanggal 15-16 Maret 2023. Ketua Pelaksana Gerobag Ramadan Della Charina mengatakan, kegiatan ini turut membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya memuliakan anak yatim.

"Ada banyak isu pendidikan, pemberdayaan, dan tentu saja kebutuhan ekonomi yang dapat mempengaruhi masa depan mereka yang harus kita pikirkan bersama," ucap Della melalui keterangan resmi, dikutip Senin (17/4/203).

1. Kesejahteraan anak yatim masih menjadi soal

Pemprov Jabar Gencarkan Berbagai Program Bantu Anak Yatim(Istimewa)

JQR sendiri memiliki kanal aduan khusus anak yatim. Dalam kanal aduan ini persoalan anak yatim menjadi salah satu masalah sosial yang sering dilaporkan oleh masyarakat kepada JQR, sebagai platform aduan yang paling banyak diakses oleh publik.

"Sepanjang JQR berdiri, terhitung sudah 23 ribu lebih aduan masuk ke Jabar Quick Response dari masyarakat. Dan aduan terkait anak yatim masuk ke dalam lima besar aduan yang sering diterima oleh JQR," ucap Della. 

2. Gerobag Ramadan berikan banyak manfaat

Pemprov Jabar Gencarkan Berbagai Program Bantu Anak Yatim(Istimewa)

Dengan banyaknya aduan terkait anak yatim dan melihat bagaimana kompleksnya masalah yang menyertai, Della berharap Gerobag Ramadan dapat menarik lebih banyak partisipasi publik terutama anak muda untuk turut serta dalam gerakan-gerakan kemanusiaan kedepannya.

"Gerobag Ramadan melibatkan komunitas-komunitas dan anak muda sehingga kami dapat menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan tersebut melalui apa yang mereka sukai," ucapnya.

3. Kolaborasi penting untuk sejahterakan anak yatim

Pemprov Jabar Gencarkan Berbagai Program Bantu Anak Yatim(Istimewa)

Gerobag Ramadan 2023 ini mengusung tema Kindness for Happiness yang dikemas untuk mengajak masyarakat umum untuk turut serta dalam acara. Ada acara musik, pameran komunitas, bazar UMKM, serta penampilan bakat dari penyandang disabilitas.

"Kami berharap masyarakat yang memilki kepedulian kepada isu anak yatim bisa mengakses lembaga-lembaga tersebut sehingga dapat terbangun kolaborasi lintas sektor yang lebih luas dan masif," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Targetkan Cakupan Imunisasi Polio Capai 90 Persen  

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Mudik, Pemprov Jabar Siapkan Tiga Ruas Tol Baru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya