Pemda Pastikan Daging Sapi Palsu Tidak Beredar di Pasar Tradisional

Masyarakat tetap diminta teliti saat berbelanja daging

Bandung, IDN Times - Peredaran daging babi yang disulap menjadi daging sapi siap jual dipastikan tidak beredar luas di pasar-pasar wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota dan Kabupaten Bandung sudah melakukan pemeriksaan di sejumlah pasar tradisional serta modern. Di Kota Bandung, dispangtan bekerja sama dengan BPOM, PD Pasar dan Satgas Pangan telah melakukan test kit (pork detection kit) ke pasar tradisional dan Modern dan tidak menemukan daging sapi palsu. 

Sementara di Kabupaten Bandung, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Popi Hopipah juga menjamin, tidak ada peredaran daging babi yang di wilayahnya. Pengawasan peredaran daging sangat terpantau karena Dispangtan Kabupaten Bandung telah mendata ulang para pedagang daging di setiap pasar. Sehingga jika ada daging sapi palsu akan mudah ditelusuri.

"Kita catat (para pedagang), takutnya ada pengoplosan daging sehingga kita menelusurinya gampang, tapi Insyaallah tidak ada selama masyarakat membeli daging dari kios resmi," kata Popi dalam keterangan resminya, Selasa (12/5).

1. Kota Bandung siapkan minilab food security untuk periksa daging palsu

Pemda Pastikan Daging Sapi Palsu Tidak Beredar di Pasar TradisionalIstimewa

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gingin Ginanjar menyebutkan, kasus peredaran daging sapi palsu yang sempat menghebohkan masyarakat dipastikan tidak beredar di pasar tradisional dan modern.

Menurut dia, pemerintah sudah melakukan pemeriksaan terhadap daging yang beredar di pasaran dan tidak ditemukan adanya daging babi yang diedarkan pelaku. Sehingga, daging yang diperjualbelikan pedagang dipasaran aman dikonsumsi dan halal. 

"Kota Bandung sudah mempunyai Minilab Food Security yang tersebar di pasar tradisional dan pasar modern sehingga pengawasan terhadap keamanan pangan segar sudah secara rutin dilaksanakan. Jadi, kami nyatakan bahwa daging sapi yang ada di Kota Bandung aman dan halal dikonsumsi," kata Gingin dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa(12/5).

2. Dispangtan harap masyarakat bisa bedakan daging babi dan sapi

Pemda Pastikan Daging Sapi Palsu Tidak Beredar di Pasar TradisionalIDN Times/Humas Bandung

Lebih lanjut, Gin Gin mengatakan, meski daging sapi di Kota Bandung masuk dalam kategori segar dan asli. Masyarakat tetap diimbau waspada dan tetap jeli dalam membeli daging serta kebutuhan pokok lainnya.

"Saat ini masyarakat harus lebih jeli dalam berbelanja, masyarakat harus perhatikan, bedanya daging sapi dan daging babi," kata dia.

3. Satgas Panganan Kabupaten Bandung meminta masyarakat lebih teliti

Pemda Pastikan Daging Sapi Palsu Tidak Beredar di Pasar TradisionalIDN Times/Humas Bandung

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Popi Hopipah menuturkan, saat ini Tim Satgas Pangan Kabupaten yang terdiri unsur kepolisian dan disperindag telah melakukan pengetesan terhadap sampel daging sapi dari beberapa kios di Pasar Baleendah. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut daging sapi yang berada di pasar adalah aman untuk dikonsumsi dan halal. 

"Daging sapi yang diedarkan di Kabupaten Bandung itu dari tempat pemotongan yang berada di pemerintah kabupaten sendiri, pemotongan hewan, lalu pengadaannya dari Pasar Ciroyom," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Pastikan PPDB 2020 Dilakukan Secara Digital

Baca Juga: Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang Bandung

4. Satgas pangan minta masyarakat tak perlu khawatir soal daging sapi palsu

Pemda Pastikan Daging Sapi Palsu Tidak Beredar di Pasar Tradisionalsnakeriverfarms.com

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengimbau agar masyarakat tidak lagi khawatir akan peredaran daging babi yang menyerupai daging sapi. Pasalnya, Tim Satgas Pangan akan terus melakukan pengawasan peredaran daging untuk memastikan tidak ada lagi daging palsu yang beredar.

"Saya imbau kepada masyarakat jika akan beli daging jangan terguir oleh harga murah. Pastikan beli daging itu di toko-toko yang tersedia atau di kios yang dapat sertifikasi halal, jangan beli di pinggir jalan," kata Hendra.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya