Pantau Pasar Kosambi, Kemendag Janji Ada Harga Turun Jelang Lebaran

Jerry Sambuaga terjun pantau harga sembako di Bandung

Bandung, IDN Times - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Sabtu (15/4/2023). Harga sembilan bahan pokok mengalami penurunan.

"Harga-harga alhamdulillah itu cenderung turun secara umum dan juga ketersediaan aman. Karena tadi dicek langsung oleh Pak Gubernur dan kami," ujar Jerry, usai memantau harga.

1. Beberapa kebutuhan pokok sudah sesuai HET

Pantau Pasar Kosambi, Kemendag Janji Ada Harga Turun Jelang Lebaran(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jerry mengatakan, beberapa harga Kepokmas di Pasar Kosambi terapantau tidak mengalami peningkatan yang drastis. Beberapa justru terpantau mengalami penurunan, misalnya daging dan harga minyak.

"Seperti harga daging ayam sudah Rp34 ribu, lalu Minyakita yang sesuai HET Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram," ucapnya.

2. Berharap penurunan harga tetap dipertahankan

Pantau Pasar Kosambi, Kemendag Janji Ada Harga Turun Jelang Lebaran(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemantauan langsung ke Pasar Kosambi menjadi salah satu upaya atau komitmen pemerintah pusat maupun Jabar untuk memastikan kondusivitas terkait harga dan ketersediaan menjelang lebaran.

"Ini kita syukuri dan mudah-mudahan ini dapat dipertahankan dan tentunya ini bisa diikuti oleh pasar-pasar lain di wilayah Jabar," katanya.

3. Ridwan Kamil turut dampingi Jerry turun ke Pasar Kosambi

Pantau Pasar Kosambi, Kemendag Janji Ada Harga Turun Jelang Lebaran(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, hasil pemantauan harga di Pasar Kosambi saat ini membuat kelompok emak-emak tersenyum. Sebab, harga cenderung turun dan tidak mengalami peningkatan.

"Laporan ke emak-emak se-Jabar, alhamdulillah pantauan pasar per pasar harga stabil cenderung turun di beberapa komoditas harga daging ayam, cabai rawit, dan sebagainya," katanya.

Pemprov Jabar juga kini membuat banyak strategi untuk menurunkan harga pasar jika terjadi peningkatan yang drastis. Seperti operasi pasar, hingga program sembako murah.

"Ada 120 ribu warga miskin kami subsidi. Pak Wamen saya lapor, Rp10 miliar dibelanjakan di pekan ini sudah habis," kata dia.

Baca Juga: Muhammad Farhan: Pemerintah Harus Fokus Penuhi Pasokan Kepokmas saat Ramadan

Baca Juga: Momen Ketua DPP Golkar Sebut Wamendagri Jerry Sambuaga Jadi Menpora 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya