Nekat Datang ke Stadion Jalak Harupat, Ratusan Bonek Dipulangkan

Bonek dipulangkan ke daerah masing-masing

Bandung, IDN Times - Ratusan suporter Persebaya Surabaya, Bonek Mania dipulangkan ke daerah asalnya oleh kepolisian. Mereka dipulangkan karena nekat untuk menonton timnya melawan Persib di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2024).

Kapolresta Bandung, Kombes Kusworo Wibowo mengatakan, berdasarkan peraturan PSSI bahwa Liga 1 tidak memperkenankan tim suporter tamu untuk datang menyaksikan di stadion.

"Ini juga sudah kami sampaikan pada rapat koordinasi kepada perwakilan Bonek perwakilan Persebaya, yang juga sudah diinformasikan," ujar Kusworo pada awak media di lokasi.

1. Bonek tetap hadir meski dilarang

Nekat Datang ke Stadion Jalak Harupat, Ratusan Bonek Dipulangkan(Istimewa)

Sebelum laga berlangsung, personel Polresta Bandung telah disebar untuk melakukan penyisiran dan pengecekan terhadap para penonton. Kemudian ditemukan adanya ratusan Bonek yang nekat datang ke Jalak Harupat.

"Tetap saja ada Bonek yang hadir ke Bandung ini, tadi pagi kami sudah mendeteksi ada ratusan Bonek yang ada di seputar Si Jalak Harupat. Akhirnya kami berikan pengertian dan imbauan, dan kami berikan fasilitas kendaraan untuk balik ke Surabaya," tuturnya.

2. Polisi terus lakukan penyekatan

Nekat Datang ke Stadion Jalak Harupat, Ratusan Bonek Dipulangkan(Istimewa)

Lebih lanjut, Kusworo menambahkan, sampai dengan berakhirnya pertandingan, polisi masih terus melakukan penyekatan untuk berjaga-jaga akan kedatangan suporter tamu.

"Sampai pertandingan usai kami terus melakukan penyekatan, agar tidak sampai ada suporter tim tamu kali ini Bonek yang bisa mendekat daripada Stadion Si Jalak Harupat," katanya.

3. Polrestabes Bandung juga sudah melakukan penyekatan

Nekat Datang ke Stadion Jalak Harupat, Ratusan Bonek Dipulangkan(Istimewa)

Sebelumnya, Polrestabes Bandung juga sudah melakukan penyekatan di stasiun dan terminal di kawasan Bandung. Kapolrestabes Bandung, Kombes Budi Sartono mengatakan, aturan penyekatan ini dilakukan karena suporter sepak bola Bonek dilarang melihat langsung ke stadion saat kedua tim bertanding.

"Jadi untuk para bonek sesuai ketentuan tidak boleh menonton di wilayah Bandung. Polrestabes Bandung melakukan penyekatan di perbatasan terminal, stasiun kereta dan jalan yang diduga tempat masuk suporter bola dari Bonek," ujar Budi, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Polisi Gelar Penyekatan untuk Bonek Jelang Laga Persib Vs Persebaya

Baca Juga: Persebaya Siap Tumbangkan Persib Demi Menjauh dari Zona Degradasi 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya