Mudik Lebaran 2024: Tol Purbaleunyi Bakal Terapkan Contraflow

Contraflow rencananya akan ditetapkan di tiga gerbang tol

Bandung, IDN Times - PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi mulai membahas rencana penerapan manajemen rekayasa lalu lintas jelang mudik lebaran 2024. Salah satunya rencana penerapan contraflow di tiga gerbang tol (GT).

Manager Area Tol Purbaleunyi, Agus Pramono mengatakan, ada beberapa rencana cara bertindak untuk mengurangi potensi kemacetan dalam momentum mudik lebaran 2024, mulai dari contraflow hingga beberapa hal lainnya.

"Secara umum di ruas Purbaleunyi ada beberapa cara bertindak terkait rekayasa lalu lintas, salah satunya adalah kanalisasi (pemisahan) di simpang susun Pasteur," ujar Agus, Senin (18/3/2024).

1. Kanalisasi kendaraan akan diterapkan

Mudik Lebaran 2024: Tol Purbaleunyi Bakal Terapkan ContraflowPixabay

Agus melanjutkan, sistem kanalisasi ini bisa berjalan efektif untuk memisahkan arus kendaraan agar tidak terjadi penumpukan di area Tol Purbaleunyi dari Pasteur maupun Cileunyi. Sehingga arus kendaraan bisa berjalan dengan lancar tidak mengalami kemacetan panjang. 

"Kemudian kami mempersiapkan top up e-Tol dengan mobile reader di Gerbang Tol Cileunyi dan Kalitama, sehingga saat transaksi lebih cepat," ungkapnya.

2. Jasa Marga Cabang Purbaleunyi masih menunggu kabar kepolisian

Mudik Lebaran 2024: Tol Purbaleunyi Bakal Terapkan ContraflowGoogle Picture

Meski begitu, PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi masih menunggu keputusan pemerintah pusat, terutama dari pihak kepolisian untuk skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada libur lebaran 2024.

Berdasarkan evaluasi lebaran tahun lalu, ada tiga gerbang tol yang diterapkan contraflow selama mudik lebaran. Namun untuk tahun ini, Agus belum mengetahui apakah skema serupa akan diterapkan.

"Kalau di Purbaleunyi ada tiga yang rencana contraflow itu pun menuggu situasi kondisi diskresi kepolisian. Tiga gerbang utama ini yaitu Kalitama satu arah Bandung, Pasteur dua dan Cileunyi, karena ada beberapa tol yang sudah terintegrasi seperti Cisumdawu," katanya.

3. Petugas penjaga gerbang tol akan ditambah

Mudik Lebaran 2024: Tol Purbaleunyi Bakal Terapkan Contraflowilustrasi kemacetan (pexels.com/Chi Hou Ong)

Selain itu, Agus menambahkan, PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi akan mempersiapkan sumber daya manusia untuk ikut berjaga selama mudik lebaran 2024. Dia memastikan, akan ada penambahan petugas untuk mempermudah transaksi di gerbang tol

"Kami biasanya menambah jumlah petugas 60 orang untuk membantu transaksi dan ada beberapa petugas pengatur lalu lintas," katanya.

Selain itu, Jasa Marga Purbaleunyi akan melakukan pemeliharaan jalan hingga tanggal 20 Maret 2024. Hal ini juga dilakukan untuk kelancaran mudik lebaran mendatang.

"Jadi mohon maaf kalau akan sedikit terganggu tapi kita melakukan rekayasa lalin agar tetap lancar. Titiknya tergantung tapi biasanya tidak berdekatan sehingga tetap disesuaikan dengan arus lalu lintas," kata dia.

Baca Juga: Pileg 2024, Raihan Suara PKB Jabar Tembus 1 Juta Suara

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Jabar Future Leader 2024 Akan Segera Dibuka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya