Comscore Tracker

Mentri Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Reuni di Festival Jawa Barat

Edhy Prabowo sempat membantu Emil menjadi Walikota

Bandung, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo baru saja menghadiri West Java Festifal (WJF) di Gedung Sate, Jalan Diponogoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11). Dalam kegiatan tersebut, politisi Gerindra itu mengaku punya banyak kisah dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jawa Barat, kata Edhy, bukanlah daerah yang asing baginya. Selain sempat membantu RK menjadi Wali Kota Bandung periode 2013-2018, Edhy juga memiliki kisah lainnya yang juga melibatkan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

1. Edhy sempat membantu RK maju sebagai Wali Kota Bandung

Mentri Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Reuni di Festival Jawa BaratIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dalam acara WJF, Edhy diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia mengklaim ikut membantu Emil ketika hendak maju menjadi Wali Kota Bandung. Ketika itu, Emil tidak dikenal luas seperti sekarang ini.

"Sekarang bareng lagi, dulu saya sama kang Emil sempat sama-sama, membantu kang Emil maju Wali Kota Bandung," ujar Edhy di sela sambutannya.

2. Pernah jadi atlet pencak silat mewakili Jawa Barat

Mentri Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Reuni di Festival Jawa BaratIDN Times/Azzis Zulkhairil

Di samping telah membantu RK menjadi Wali Kota, Edhy kemudian mengaku bahwa, sempat menjadi atlet pancak silat pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 1996. Saat itu ia berhasil membawa perunggu untuk Jawa Barat.

"Jawa Barat bukan daerah asing, banyak belajar di Jawa Barat, pada 1996 saya jadi atlet pencak silat untuk PON, meski hanya perunggu. Alhamdulillah jadi atlet PON ini luar biasa," kata dia.

3. Mendapatkan istri orang Jawa Barat

Mentri Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Reuni di Festival Jawa BaratIDN Times/Azzis Zulkhairil

Tidak cuma itu, Edhy juga mengaku punya kenangan romantis yang masih berkaitan dengan Jawa Barat. Ia mendapatkan jodoh seorang perempuan yang berasal dari Jawa Barat.

"Saya dapat hadiah dari sesepuh Jawa Barat, ya itu istri saya, istri saya juga dari Jawa Barat," katanya.

4. Berharap Jawa Barat semakin maju dalam Kelautan dan Perikanan

Mentri Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Reuni di Festival Jawa BaratIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dalam kesempatan tersebut, selain bernostalgia dengan RK, Edhy juga berharap sektor kelautan dan perikanan dalam masa kepemimpinan RK bisa semakin maju. Jarak antara Jawa Barat dan Ibu Kota Jakarta cukup dekat, sehingga Edhy berpendapat permasalahan kelautan dan perikanan dapat dituntaskan lebih mudah. 

"Budi daya sektor perikanan, dari Saguling, Cirata, sampai Situ Patenggang ini adalah peluang untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat daerah ini. Itu juga menjadi cara untuk menaikkan keuangan daerah," katanya.

"Pola komunikasi dua arah akan kami bangun. Kami pembantu presiden, jadi (jika ada masalah) kami akan cari jalan keluarnya," ujar Edhy.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya