Lengket! Ridwan Kamil Ajak Jokowi Ngopi di Pasar Kreatif Jabar

Pertemuan Ridwan Kamil dan Jokowi berlangsung hangat

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Presiden Joko "Jokowi" Widodo ngopi bersama di Pasar Kreatif Jawa Barat (PKJB), Kota Bandung, Selasa (11/7/2023) malam. Presiden turut berbincang dan meninjau beberapa tenant yang ada di lokasi.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, Presiden datang bersama rombongan pada pukul 18:45 WIB. Kedatangannya disambut riuh warga Kota Bandung. Setelah itu Presiden Jokowi langsung meninjau beberapa tenan atau ruko yang ada di PKJB.

1. Presiden Jokowi cek langsung produk UMKM Jabar

Lengket! Ridwan Kamil Ajak Jokowi Ngopi di Pasar Kreatif Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Presiden langsung didampingi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, serta beberapa pejabat lainnya.

Presiden Jokowi juga langsung masuk ke beberapa ruko yang ada di PKJB untuk melihat produk-produk UMKM warga Jabar dan beberapa kali berbincang dengan pelayan ruko.

2. Presiden ngopi bareng Ridwan Kamil dan Erick Thohir

Lengket! Ridwan Kamil Ajak Jokowi Ngopi di Pasar Kreatif Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Usai jalan-jalan memantau produk UMKM Jabar, Jokowi kemudian mampir di salah satu coffee shop, Jabarano yang ada di area PKJB. Disana Jokowi berbincang langsung dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan didampingi Erick Thohir.

Setelah itu, Presiden Jokowi langsung meninggalkan lokasi dengan rombongan. Sebelumnya, presiden memantau Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, dan meresmikan Tol Cisumdawu. Setelah itu, presiden melakukan kunjungan ke Pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

3. Tol Cisumdawu percepat akses warga Jabar

Lengket! Ridwan Kamil Ajak Jokowi Ngopi di Pasar Kreatif Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil sendiri mengatakan, ia sangat bersyukur akhirnya Tol Cisumdawu bisa beroperasi penuh di masa kepemimpinannya. Pembangunan Tol Cisumdawu sendiri dikerjakan sejak 2011 dan kini sudah bisa dioperasikan secara penuh.

"Saya sangat bahagia, gembira, 12 tahun (pembangunan) prosesnya sangat panjang pembangunan jalan tol," katanya.

Menurutnya, kehadiran Cisumdawu akan melengkapi akses infrastruktur darat terutama menuju bandara Kertajati, Majalengka, yang sejak Desember 2021 sudah terhubung akses tol dari Cikopo-Palimanan.

"Sekarang diresmikan Pak Presiden ini luar biasa. Dari Bandung ke Cirebon biasanya 6 jam sekarang bisa 70-75 menit. Tadi saya tes ngebut 45 menit ke Bandara Kertajati," kata dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Termegah di Indonesia

Baca Juga: Jokowi Pastikan Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Oktober 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya