KTH Kabupaten Bandung Dapat Bantuan 21 Ribu Pohon Multiguna

Penanaman pohon dilakukan untuk menjaga ekologis hutan

Bandung, IDN Times - Asosiasi Pengelola Perhutanan Sosial Indonesia (AP2SI) bersama Kitabisa berkolaborasi untuk mendampingi tiga Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Bandung menanam 21 ribu pohon multiguna.

Tiga kelompok ini berasal dari KTH Reksawana, Mencil Lestari, dan Wanajaya yang berlokasi di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Pendampingan diawali dengan edukasi tata kelola lembaga.

Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan kegiatan Penanaman Pohon Kopi dan Alpukat di lahan hutan yang saat ini 80 persen lahan dalam kondisi terbuka.

1. Area hutan sosial harus tetap terlindungi

KTH Kabupaten Bandung Dapat Bantuan 21 Ribu Pohon Multiguna(Istimewa)

Ketua AP2SI, Roni Usman mengatakan, kegiatan penanaman 21 ribu pohon multiguna ini merupakan tindakan nyata untuk memanfaatkan area perhutanan sosial. Adapun kegiatan itu juga didukung oleh para donatur.

"Tentu tanpa mengesampingkan agenda lain yakni terkait penataan areal dan penyusunan rencana kelola Perhutanan sosial di areal KTH Reksawana," ujar Roni melalui keterangan resmi, Senin (19/2/2024).

Kegiatan penanaman dimulai pada Senin (19/02/2024) dan dilakukan secara gotong royong antara warga Anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) bersama Relawan dan Donatur Aplikasi Kitabisa.

Kemudian, penanaman dilakukan secara bertahap, dimulai dari lahan yang dikelola oleh KTH Reksawana, sejumlah 20.000 bibit pohon kopi dan seribu bibit pohon alpukat yang akan ditanam di lahan seluas 31 hektare.

2. Penanaman pohon multiguna memikirkan sisi ekonomi

KTH Kabupaten Bandung Dapat Bantuan 21 Ribu Pohon Multiguna(Istimewa)

Vice President Kitabisa, Edo Irfandi mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan sesuai dengan program Askara Nusantara yakni ‘Ramah Bumi, Ramah Manusia’, di mana desain keberlanjutan program telah terwujud dari adanya mekanisme pengelolaan perhutanan sosial.

"Kongkretnya, ini membawa manfaat ekologis dalam bentuk perbaikan tanah, carbon offset dan penjagaan fungsi hutan. Di sisi lain ini punya manfaat ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga di sini. Semoga ini bisa terus dikambangkan bersama Kitabisa," kata dia.

3. KTH akan mengelola hasil dari penanaman pohon ini

KTH Kabupaten Bandung Dapat Bantuan 21 Ribu Pohon Multiguna(Istimewa)

Kerja sama dalam penanaman ini dijalankan bertujuan untuk mendulang dua manfaat dari prinsip pengelolaan hutan sosial, yakni ‘Hutan Lestari, Rakyat Sejahtera’. Tujuan ini diwujudkan dengan melakukan penanaman pohon tegakan yang membawa manfaat kestabilan ekologis.

Sementara, di sisi lain juga memiliki hasil yang mengandung manfaat ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Pohon yang telah tertanam juga akan dijaga dan dikelola langsung oleh anggota KTH, dan akan diupayakan untuk bertambah secara bertahap ke seluruh KTH di Kertasari.

Baca Juga: Kitabisa Kumpulkan Dana Rp30 Miliar untuk Warga Palestina

Baca Juga: Peduli Nasib Pejuang Veteran, KIN-KitaBisa Gerakkan Kebaikan Instan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya