Anas Urbaningrum Resmi Bebas 11 April 2023 

Bukan 10 April 2023, Anas Urbaningrum bebas lebih lambat

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar) menegaskan, Anas Urbaningrum tidak bebas pada 10 April 2023, melainkan 11 April 2023.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Jabar, Kusnali mengatakan, informasi yang sesuai yaitu 11 April 2023, bukan sehari sebelumnya.

"Insya Allah semoga lancar, tanggal 11 (bebasnya)," ujar Kusnali, saat dihubungi, Kamis (6/4/2023).

1. Waktu pembebasan Anas Urbaningrum tidak mundur

Anas Urbaningrum Resmi Bebas 11 April 2023 Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Kusnali menegaskan, Anas Urbaningrum bebas memang dipastikan pada 11 April 2023. Artinya tidak ada pemunduran ke tanggal 10 April 2023. Dia juga meminta dukungan agar lancar dan sesuai waktu yang ditentukan.

"Gak mundur, informasi tanggal 10 keliru yang benar tanggal 11. Dari awal bapak tidak bisa memberikan info tanggal sebelum ada kepastian dari pusat," katanya.

2. Pembebasan Anas Urbaningrum sesuai aturan berlaku

Anas Urbaningrum Resmi Bebas 11 April 2023 Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Pada dasarnya, informasi 10 April 2023 sendiri tidak salah. Menurutnya, pada tanggal itu bisa jadi waktu pastinya belum ditentukan secara rinci. Saat ini, tanggal pasti sudah keluar, yakni terpidana korupsi Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin pada 11 April 2023 

"Nah, sekarang kepastian itu sudah ada makanya bapak berani menyampaikan tanggal 11 sebagai tanggal bebasnya," kata dia.

3. Ada ribuan pendukung akan datang menyambut Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum Resmi Bebas 11 April 2023 Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, ribuan simpatisan dan loyalis dari Anas Urbaningrum dikabarkan datang dan menjemput bekas politisi Partai Demokrat ini. Informasi ini diketahui oleh Kalapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri.

"Saya mendengar kabar yang beredar bahwa akan ada pendukung Anas datang, kurang lebih 1.000 sampai 2.000 orang. Saya pikir itu adalah kepentingan pak Anas sendiri, dan itu tidak ada kaitannya dengan kami," ujar Kunrat, Kamis (6/4/2023).

Kunrat menjelaskan, pengunjung menjemput Anas Urbaningrum di luar lapas Sukamiskin. Dia memastikan tidak ada pendukung yang diperkenankan masuk untuk menjemput Anas dari pintu kamar sel.

"Mereka akan menyambut, artinya mereka akan berada di luar lapas. Jadi, kami tidak akan khusus menyiapkan," ungkapnya.

Baca Juga: Simpatisan Asal Tuban Akan Jemput Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin

Baca Juga: Gede Pasek PKN: Anas Urbaningrum Akan Jadi Ikon Lawan Kriminalisasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya