Jemaah Haji Asal Bandung Dipastikan Berangkat Lewat BIJB Kertajati

Jemaah Bandung akan menjalani karantina di Asrama Indramayu

Bandung, IDN Times - Pemberangkatan jemaah haji di Jawa Barat berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung tidak lagi terbang lewat Bandara Halim Perdanakusuma, melainkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan, jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung akan melebur jadi satu dengan jemah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Subang dan Sumedang.

"Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," ujar Faiz, Rabu (24/4/2024).

1. Penerbangan di BIJB Kertajati sampai 30 kloter

Jemaah Haji Asal Bandung Dipastikan Berangkat Lewat BIJB KertajatiInin Nastain IDN Times/ penumpang turun di BIJB

Seluruh jamaah sendiri nantinya akan melalui karantina di Asrama Haji Indramayu yang kini sudah beroperasi dan digunakan untuk Peberangkatkan tahun sebelumnya. Adapun untuk Peberangkatkan haji lewat BIJB ini akan melayani 30 kloter

"Layanan penerbangan haji di BIJB Kertajati ada 30 koloter. Untuk per hari rata-rata akan memberangkatkan satu kloter," katanya.

2. Pemberangkatan dibagi menjadi dua gelombang

Jemaah Haji Asal Bandung Dipastikan Berangkat Lewat BIJB KertajatiInin Nastain IDN Times Jabar/ BIJB Kertajati

Faiz menambahkan, dari 30 kloter yang akan diberangkatkan melalui BIJB Kertajati, nantinya akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan diberangkatkan sebanyak 12 kloter, sementara untuk gelombang kedua ada sebanyak 18 kloter.

"Jadi total keberangkatan gelombang pertama 12 hari, karena satu kloter satu hari. Sedangkan gelombang kedua 18 hari, karena sesuai jumlah kloter," tuturnya.

3. Total jemaah haji Jabar yang akan berangkat mencapai 40.201 orang

Jemaah Haji Asal Bandung Dipastikan Berangkat Lewat BIJB KertajatiInin Nastain IDN Times Jabar/ Aktivitas di BIJB

Jumlah jemaah haji Jawa Barat 2024 ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Adapun total kuota jemaah haji asal Jawa Barat ada sebanyak 38.723 orang, dan kuota tambahan sebanyak 1.478 oran.

Namun Faiz mengatakan total jemaah se-Jawa Barat yang akan berangkat ada sebanyak 40.201 orang. "Data total pemberangkatan jemaah haji di Jawa Barat yang akan berangkat ada sebanyam 40.201 orang," kata dia.

Baca Juga: Golkar Jabar Ngotot Usung Ridwan Kamil di Pilgub 2024

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya