Jalur Puncak Bogor Terapkan Ganjil Genap Saat Arus Balik Lebaran 2024

Beberapa rekayasa arus lainnya juga akan diterapkan

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat bakal menerapkan rekayasa arus lalu lintas ganjil genap di jalur puncak Bogor saat arus balik 2024. Ganjil genap akan diterapkan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan akibat wisatawan.

Wadirlantas Polda Jawa Barat, AKBP Edwin Affandi mengatakan, jalur puncak Bogor setelah hari raya Idulfitri biasanya menjadi titik yang harus dijadikan perhatian. Sebab akan banyak wisatawan datang untuk berlibur.

"Setiap harinya pascalebaran nanti akan ada peningkatan arus lalu lintas wisata menuju kawasan puncak, maka akan diberlakukan genap ganjil di kawasan puncak," ujar Edwin, Sabtu (30/3/2024).

1. Pembatasan arus akan dilakukan Polda Jabar di arah puncak

Jalur Puncak Bogor Terapkan Ganjil Genap Saat Arus Balik Lebaran 2024detikNews

Selain menerapkan ganjil genap, Edwin memastikan, Polda Jawa Barat akan menerapkan rekayasa lalu lintas lainnya agar penumpukan kendaraan di jalur puncak tidak terjadi seperti setelah lebaran di tahun-tahun lalu.

"Jalur puncak akan diberlakukan rekayasa genap ganjil pada saat arus lalu lintas dalam kondisi padat tentunya. Dan ini harus ada pembatasan arus lalu lintas yang akan masuk ke wilayah puncak," katanya.

2. Penanganan arus lalu lintas akan ekstra jika terjadi bencana

Jalur Puncak Bogor Terapkan Ganjil Genap Saat Arus Balik Lebaran 2024Ilustrasi macet (freepik.com/rawpixel)

Edwin mengungkapkan, Ditlantas Polda Jawa Barat akan turut menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah ke arah puncak di pagi hari, dan one way di sore hari. Menurutnya, rekayasa itu akan mengurangi penumpukan kendaraan.

"Namun apabila situasi kawasan puncak dalam kondisi misalnya urgensi ataupun dalam kondisi bencana dan sebagainya, maka penanganan arus lalu lintas di kawasan puncak akan berbeda dengan penanganan arus lalu lintas di hari libur biasa," tuturnya.

3. Pemprov Jabar juga fokus penanganan kemacetan wilayah puncak

Jalur Puncak Bogor Terapkan Ganjil Genap Saat Arus Balik Lebaran 2024unsplash.com/J Torres

Sebelumnya, Pejabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan, persiapan arus mudik dan balik lebaran 2024 terus dimatangkan dengan berkoordinasi bersama pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan pihak terkait lainnya.

"Persiapan mudik kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, dengan Polda, Kementerian PUPR, untuk transportasi di jalan raya seperti apa," ujar Bey, Selasa (26/3/2024).

Bey turut memberikan atensi pada beberapa jalur di Jawa Barat yang rawan terjadinya longsor hingga kemacetan yang panjang. Daerah-daerah itu menurutnya harus diberikan perhatian ekstra saat liburan lebaran 2024.

"Tentunya di Tol Cisumdawu di Cikampek dan juga puncak Bogor, pastinya harus kami perhatikan soal arus kendaraan agar tidak macet," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan Korban Longsor di KBB Direloksi

Baca Juga: Buruh Jabar Minta Perusahaan Tak Cicil Pembayaran THR 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya