Jalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles, Kereta Tujuan Bandung Tertahan

Jalur kereta ambles karena hujan deras

Bandung, IDN Times - Jalur Kereta Jeruklegi-Kawunganten ambles karena hujan dengan intensitas tinggi terjadi Sabtu (8/10/2022). Kondisi itu membuat kereta api dari Bandung tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan sebaliknya, tertahan.

"Kalau tertunda keberangkatan tidak, cuma kebetulan keretanya sudah berangkat kemarin sore dari Bandung, demikian juga yang dari arah timur, semuanya tertahan di petak jalan antara Jeruklegi-Kawunganten," ujar Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 2, Kuswardoyo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (8/10/2022).

1. Kereta tertahan menunggu perbaikannya jalur

Jalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles, Kereta Tujuan Bandung TertahanJalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles (istimewa)

Karena peristiwa ini, sejumlah kereta turut mengantre untuk mengantarkan penumpang di setasiun tujuan. Adapun kondisi saat ini para petugas tengah melakukan perbaikan di jalur ambles tersebut.

"Mereka mengantre menunggu lokasi diperbaiki, jadi semuanya sekarang tertahan di sana," ungkap Kuswardoyo.

Untuk kereta keberangkatan Bandung tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada sore hari, Kata Kuswardoyo, akan diupayakan keberangkatan sesuai jadwal.

2. Petugas masih memperbaiki jalur ambles ini

Jalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles, Kereta Tujuan Bandung TertahanJalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles (istimewa)

Kuswardoyo menjelaskan, berdasarkan informasi teranyar, petugas dari Daop 5 masih tetap berada di lokasi untuk melakukan perbaikan. Akan tetapi, waktu selesainya perbaikan masih belum dapat ditentukan.

"Perbaikan ini juga tergantung pada kondisi cuaca di lokasi, karena memang kalau di sana masih hujan deras, tentunya akan menghambat proses perbaikan yang sedang kita kerjakan," katanya.

3. KAI meminta maaf atas kejadian ini

Jalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles, Kereta Tujuan Bandung TertahanJalur Jeruklegi-Kawunganten Ambles (istimewa)

Selama proses perbaikan, Kuswardoyo memastikan, semua perjalanan kereta api masih terhenti dan belum bisa melalui lokasi ini. Atas peristiwa ini, KAI juga meminta maaf pada para penumpang.

"Saat ini kami dari jajaran PT KAI masih berupaya untuk menormalisasi jalur tersebut. Kami berharap pekerjaan di lokasi bisa cepat selesai dan tentunya operasional kereta api bisa kembali normal," kata dia.

Baca Juga: BBM Naik, Tarif Angkutan Kota di Kota Bandung Naik Rp1.000

Baca Juga: Amankan Aset di Bandung, Petugas PT KAI Mendapat Perlawanan Warga

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya