Jaktive Dorong UMKM Maksimalkan Potensi Kreatif

UMKM Industri kreatif perlu berkolaborasi

Bandung, IDN Times - Industri kreatif di Indonesia tengah berkembang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengklaim Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan ekonomi kreatif terbaik di dunia.

Dengan banyaknya industri kreatif, diperlukan sebuah kolaborasi agar kreativitas dan inovasi terus berkembang. Namun, pelaku industri kreatif di Indonesia di level UMKM tidak banyak yang mampu mengeluarkan semua potensinya.

Menjawab hal ini, seorang kreator Imanuel Juliman turut mendirikan Jaktive, sebuah creative agency untuk membantu UMKM di Indonesia mencapai potensi penuh dengan memberikan solusi kreatif.

1. Jaktive tawarkan branding UMKM

Jaktive Dorong UMKM Maksimalkan Potensi KreatifIlustrasi UMKM (IDN Times/Imam Faishal)

Imanuel yang memiliki pengalaman lebih dari sepuluh tahun di industri kreatif itu mengatakan, Jaktive menawarkan jasa kreatif yang meliputi branding, digital, web, video, dan konten. Jaktive memiliki tim yang terdiri dari para kreator kreatif yang berbakat dan profesional di bidangnya.

"Jaktive juga memiliki jaringan kerja sama dengan para ahli di bidang teknologi, seni, dan inovasi. Dengan demikian, Jaktive dapat memberikan solusi kreatif yang komprehensif dan berkualitas untuk UMKM," ucap Imanuel dalam keterangannya, Rabu (28/2/2024).

2. Jaktive bisa berikan berbagai macam solusi memaksimalkan potensi UMKM

Jaktive Dorong UMKM Maksimalkan Potensi KreatifGoogle

Jaktive sendiri memiliki misi memberdayakan UMKM di Indonesia dengan mengintegrasikan kreativitas ke dalam strategi bisnisnya. Imanuel memahami bahwa setiap UMKM memiliki karakteristik, keunggulan, dan tantangan yang berbeda-beda.

"Oleh karena itu, Jaktive tidak hanya memberikan solusi kreatif yang baku, tetapi juga solusi kreatif yang kustom dan personal. Jaktive berusaha untuk memahami kebutuhan, tujuan, dan harapan UMKM, dan kemudian menciptakan solusi kreatif yang sesuai dengan mereka," katanya.

3. UMKM diharapkan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara

Jaktive Dorong UMKM Maksimalkan Potensi KreatifIlustrasi produk UMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Jaktive juga membuka pintu bagi para kreator kreatif di seluruh Indonesia untuk berkontribusi dalam membangun UMKM di Indonesia. Imanuel meyakini, setiap kreator memiliki ide dan gagasan yang dapat membantu UMKM tumbuh dan berkembang.

"Oleh karena itu, Jaktive mendorong para kreator untuk berbagi ide dan gagasan mereka, dan berkontribusi dalam proyek-proyek kreatif yang ditangani oleh Jaktive,"

"Melalui inisiatif ini, Jaktive berharap dapat membantu UMKM di Indonesia mencapai sukses dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Jabar: Nyamuk Wolbachia di Ujungberung Belum Berdampak

Baca Juga: Jadi Anggota Parpol, Tiga ASN Disdik Jabar Dipecat Tidak Hormat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya