IPB Pertahanankan Titel Kampus Pertanian Terbaik Se-Asia Tengara

IPB University peringkat ke 8 se-Asia dan 51 dunia

Bandung, IDN Times - IPB University berhasil mempertahankan peringkat pertama terbaik di kawasan Asia Tenggara untuk kampus di bidang Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry) oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, QS World University Ranking (WUR) by Subject 2023.

IPB University menduduki peringkat ke-1 di kawasan Asia Tenggara, ke-8 di Asia, dan ke-51 di dunia. Peringkat ini dievaluasi dengan lima indikator yakni academic reputation, employer reputation, sitasi, h-index, dan International research network.

1. Reputasi lulusan sangat tinggi

IPB Pertahanankan Titel Kampus Pertanian Terbaik Se-Asia TengaraGedung Rektorat IPB University di kampus IPB Dramaga Bogor. (ANTARA/HO/IPB)

Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, reputasi IPB University, baik dalam hal academic reputation maupun employer reputation, mengalami peningkatan. Bahkan skor reputasi lulusan (berdasarkan survai terhadap pengguna lulusan) sangat tinggi yaitu 95.8.

Skor Ini dinilainya lebih tinggi dibandingkan Wageningen University sebesar 95.1 yang merupakan peringkat 1 pada QS Subject Ranking on Agriculture and Forestry.

"Fakta ini menunjukkan kualitas pendidikan yang prima di IPB sehingga menghasilkan lulusan yang dinilai sangat baik oleh para pengguna lulusan. Reputasi IPB dibidang akademik (76.1) juga relatif lebih tinggi dibandingkan beberapa universitas ternama di dunia," ujar Arief melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/3/2023).

2. Kualitas IPB University makin meningkat ke depan

IPB Pertahanankan Titel Kampus Pertanian Terbaik Se-Asia TengaraPenandatanganan MoU terkait pengelolaan data desa presisi di tanah Mandar antara Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik dan Rektor IPB Prof Arif Satria di Kampus IPB Dramaga Bogor, Jumat (17/6/2022). Humas Pemprov Sulbar

Arief mengatakan, IPB University terus konsisten berupaya meningkatkan kinerja riset dan international research networks. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas IPB University ke depannya.

"Dengan semua langkah yang sudah dilakukan, diharapkan peringkat IPB semakin meningkat ke depannya," kata dia.

3. IPB University keluarkan program keilmuan baru

IPB Pertahanankan Titel Kampus Pertanian Terbaik Se-Asia TengaraPenandatanganan MoU kerja sama antara PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin, (13/2/2023), di Kampus IPB Dramaga Bogor. (Dok. PNM)

Hingga akhir tahun 2022 IPB tergabung dalam 50 konsorsium riset internsional. Secara keseluruhan nilai (total score) IPB University di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71.9.

Selain reputasi, terjadi juga peningkatan pada skor h_index institusi, dengan skor 72.7 yang memperlihatkan kualitas publikasi yang baik dan banyak disitasi.

Tahun ini IPB University juga mencatatkan satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu Bisnis dan Ilmu Manajemen.

"Kini terdapat lima bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan (Pertanian dan Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, Ekonomi dan Ekonometrika serta Bisnis dan Ilmu Manajemen)," kata dia.

4. Berikut Top 10 Universitas di Asia di bidang Pertanian dan Kehutanan:

IPB Pertahanankan Titel Kampus Pertanian Terbaik Se-Asia TengaraIDN Times/Lazuardi Putri

Di bawah ini merupakan peringat sepuluh besar kampus bidang pertanian dan kehutanan terbaik di Asia:

1. China Agricultural University (11) - China

2. The University of Tokyo (34) - Jepang

3. Nanjing Agricultural University (37) - China

4. Seoul National University (40) - Korea Selatan

5. Tokyo University of Agricultural Technology (45) - Japan

6. Kyoto University (47) - Japan

7. South China Agricultural University (47) - China

8. IPB University (51) - Indonesia

9. North West Agriculture and Forestry (52) - China

10. Zhejiang University (55) - China

Baca Juga: Masih Umur 25 Tahun, Nitya Ade Raih Gelar IPH IPB University Termuda

Baca Juga: Gandeng IPB & Dunia Usaha, Kemensos Perkuat Kemandirian Ekonomi Rentan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya