Ini Agenda Anas Urbaningrum Setelah Bebas pada 11 April 2023

Anas Urbaningrum akan buka bersama pendukung

Bandung, IDN Times - Terpidana korupsi Anas Urbaningrum akan menjalani Cuti Menjelang Bebas (CMB) pada 11 April 2023. Mantan politisi Partai Demokrat ini akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan usai keluar dari Lapas Sukamiskin.

Selama menjalani CMB Anas Urbaningrum sendiri akan tetap diminta wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung. Anas sendiri akan disambut oleh loyalis dan pendukung dari beberapa daerah.

1. Anas Urbaningrum akan buka puasa dan tarawih bersama loyalis

Ini Agenda Anas Urbaningrum Setelah Bebas pada 11 April 2023Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Salah satu kelompok yang akan menjemput langsung ke Lapas Sukamiskin yaitu, Sahabat Anas Urbaningrum. Koordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad mengatakan, ada beberapa agenda yang telah disiapkan, mulai dari buka puasa bersama hingga salat tarawih.

Dikatakannya, untuk kegiatan buka puasa dan tarawih, ada opsi di tiga tempat. Namun, hal ini belum dipastikan karena masih melalui pengecekan untuk ketersediaan segala hal.

"Karena ini jumlahnya cukup banyak, jadi ketersedian tempat sholat, makan dan parkir, jadi masih kita bahas," ujar Rahmad, dikutip Sabtu (8/4/2023).

2. Akan ada sedikit cerah tentang politik

Ini Agenda Anas Urbaningrum Setelah Bebas pada 11 April 2023Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Anas Urbaningrum sendiri nantinya akan menyampaikan pidato tunggal di hadapan para sahabat dan pendukung yang menjemput di Lapas Sukamiskin. Usai pidato nantinya ia langsung buka bersama dan salat tarawih.

"Tahun ini sudah masuk tahun politik, saya yakin dan percaya mas Anas tidak mungkin terlalu dalam masuk soal politik. Tetapi mungkin mas Anas akan menyampaikan pesan khusus kepada para pendukungnya untuk bekal 2024," katanya.

3. Anas meminta jangan ada euforia berlebihan

Ini Agenda Anas Urbaningrum Setelah Bebas pada 11 April 2023Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (IDN Times/Santi Dewi)

Setelah melalui semua agenda itu, Rahmad mengatakan, rombongan nantinya akan bergerak menuju rumah orang tua Anas Urbaningrum di Blitar Jawa Timur untuk sungkem.

Rahmad menambahkan, ia mendapatkan pesan dari Anas agar tidak menunjukan euforia yang berlebihan saat hari kebebasannya nanti. Pendukung yang datang juga diminta menggunakan pakaian serba putih.

"Beliau juga mengimbau kepada sahabat yang datang agar menggunakan dress code-nya nanti serba putih, atasannya putih tidak membawa atribut apapun," katanya.

Untuk diketahui, Anas Urbaningrum sendiri akan berstatus CMB pada 11 April 2023. Status Anas sendiri saat ini masih CMB. Artinya, selama tiga bulan terpidana korupsi kasus Hambalang itu masih harus melapor ke Bapas sebelum dinyatakan bebas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat, Kusnali mengatakan, tanggal 11 April 2023 merupakan tanggal yang sudah pasti.

Baca Juga: Simpatisan Asal Tuban Akan Jemput Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin

Baca Juga: Anas Urbaningrum akan Sungkem Ibunda di Blitar Usai Bebas dari Penjara

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya