Habiskan Anggaran Rp70 Miliar, Terminal Leuwipanjang Diresmikan Jokowi

Jokowi: Terminal Leuwipanjang keren banget

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Terminal Leuwipanjang Kota Bandung pada Sabtu (3/2/2024). Terminal yang dibangun dengan anggaran Rp70 miliar itu kini beroperasi dengan penuh.

Dalam kegiatan peresmian, Presiden Jokowi mengatakan, persoalan tentang terminal selalu kumuh dan banyak preman merupakan presepsi masyarakat. Selain itu, menurutnya, masyarakat juga kerap menilai terminal kotor.

"Terminal bus selalu dari dulu dikesankan dan kenyataannya yang ada di lapangan kumuh, tidak rapi, kotor, banyak premannya. Itu presepsi, dan kalau kita lihat pada hari ini terminal Leuwipanjang Kota Bandung dibangun menghabiskan anggaran Rp70 miliar, keren banget," ujar Jokowi.

1. Pembangunan Terminal Leuwipanjang untuk mendorong masyarakat gunakan transportasi umum

Habiskan Anggaran Rp70 Miliar, Terminal Leuwipanjang Diresmikan Jokowi(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan sudah diresmikannya Terminal Leuwipanjang, Jokowi meminta agar masyarakat turut bisa kembali menggunakan kendaraan umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi dalam keseharian. Hal itu menurutnya bisa mengurangi kemacetan.

"Ini untuk mendorong masyarakat agar kembali menggunakan transportasi umum berbondong-bondong lagi tidak menggunakan kendaraan pribadi, tidak menggunakan mobil pribadi, kalau itu diteruskan yang terjadi kemacetan yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari kita," katanya.

2. Indonesia kehilangan Rp100 triliun akibat macet

Habiskan Anggaran Rp70 Miliar, Terminal Leuwipanjang Diresmikan Jokowiilustrasi macet (pexels.com/Aayush Srivastava)

Jokowi menegaskan, dampak kemacetan sendiri bisa berujung pada menurunnya perekonomian negara. Dengan begitu, dia mendorong agar masyarakat berbondong-bondong menggunakan kendaraan umum.

"Dan karena macet seperti di Jakarta dan Jabodetabek setahun kita kehilangan hampir Rp100 triliun gara-gara macet. Saya gak tau Kot Babdyng berapa tapi sekarang hampir di semua kita kemacetan sudah terasa," katanya.

3. Jokowi minta masyarakat gunakan kendaraan umum

Habiskan Anggaran Rp70 Miliar, Terminal Leuwipanjang Diresmikan JokowiGoogle

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga turut meresmikan Terminal Banjar. Dua terminal ini diharapkan bisa digunakan warga Jawa Barat dalam menunjang kegiatan sehari-hari, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Saya menghargai pembangunan ini dan semoga kita nanti bisa mendorong masyarakat kembali menggunakan transportasi umum, baik bus baik itu kereta api, baik itu MRT, LRT, KRL, kereta cepat dan itu sangat akan mengurangi kemacetan yang ada di jalan yang kita miliki," katanya.

"Semoga terminal Leuwipanjang dan Banjar di Jabar bisa mempercepat mobilitas orang dari satu kota ke kota lain, dan dalam kota," tambahnya.

Baca Juga: Sejumlah Rektor Paparkan Keberhasilan Pemerintahan Jokowi

Baca Juga: Susul Kampus Lain, Sejumlah PTS di Surabaya Bakal Kritik Jokowi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya