Eros Djarot Berharap Megawati dan SBY Berdamai di Pilpres 2024

Eros berharap keduanya bisa duduk bersama

Bandung, IDN Times - Budayawan dan politikus Eros Djarot meminta Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri berdamai dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pilpres 2024.

Djarot mendorong dua mantan presiden ini melupakan rivalitas yang terjadi beberapa tahun lalu. Menurutnya, keduanya juga harus memberikan contoh berpolitik yang baik untuk masyarakat Indonesia.

"Ya harapan kami bersama. Beri contoh ke rakyat cobalah, boleh beda politik, pandangan, sikap tapi tak perlu musuhan secara personal," ujar Djarot, Sabtu (9/9/2023).

1. SBY harus biarkan AHY menentukan sikap sendiri

Eros Djarot Berharap Megawati dan SBY Berdamai di Pilpres 2024Budayawan dan politikus, Eros Djarot (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Momentum Pilpres 2024 menjadi hal yang tepat untuk keduanya duduk bersama. Selain itu, sebagai teman SBY, Djarot mengingatkan agar ketua umum Partai Demokrat saat ini sekaligus anak kandungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar diberikan ruang guna menentukan sikapnya sendiri.

"Seyogianya SBY dan Megawati bisa duduk bersama. Ini momentum baik tapi jangan SBY gendong anaknya (AHY) lagi, jadi kacau nanti. Saya ke SBY. AHY sudah mandiri tak perlu digendong kayak anak kecil," katanya.

2. Partai Demokrat ungkap akan ada pertemuan Megawati dan SBY

Eros Djarot Berharap Megawati dan SBY Berdamai di Pilpres 2024Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Hubungan Megawati dan SBY sempat memanas selama beberapa tahun lalu. Partai Demokrat juga menjadi oposisi selama dua periode karena PDIP berhasil menjadi pemenang Pilpres periode 2014—2019 dan 2019-2024.

Namun, belakang keduanya diagendakan akan bertemu. Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, dia tak ingin diburu-buru terkait rencana pertemuan keduanya.

"Ya, tentu kami inginlah ada pertemuan itu. Tapi bagaimana pun itu biarlah berproses, jangan didesak-desak. Jangan diburu-buru," kata dia di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023).

3. Keduanya merupakan tokoh nasional Indonesia

Eros Djarot Berharap Megawati dan SBY Berdamai di Pilpres 2024Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono duduk semeja di welcoming dinner KTT G20 Bali. (dok. IDN Times/Istimewa)

Herzaky meyakini, Megawati dan SBY merupakan tokoh nasional yang bijaksana dalam mencari solusi dari permasalahan bangsa.

"Belum bertemu saja sudah bisa banyak memberikan kebijakan dan kebijaksanaan, dan berbagi untuk rakyat Indonesia di berbagai pelosok negeri. Apalagi kalau keduanya ketemu kan bisa memberikan sinyal-sinyal lain," tutur dia.

Baca Juga: SBY Mimpi Bertemu Jokowi dan Mega, Hary Tanoe Berharap Ada Persatuan

Baca Juga: Ditanya Jokowi soal Suasana Politik Jelang Pemilu, Mega: Seperti Dansa

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya