Erick Thohir Dorong PNM Terus Perhatikan Nasabah Disabilitas

Nasabah disabilitas harus terus diberikan pendampingan

Bandung, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memperhatikan nasabah disabilitas. Beberapa terobosan harus terus dilakukan dan memberikan permodalan yang setara.

Menurutnya, nasabah dari PNM sendiri khususnya disabilitas sudah cukup baik. Beberapa program lain seperti PNM Mekar juga cukup membantu kelompok disabilitas. Dia juga berkomitmen untuk terus memberikan hak kerja untuk disabilitas di lingkungan BUMN.

"Membuka lapangan kerja samapi 2 persen karena ini di PNM Mekar sudah 200 kalau nasabah lebih, ahlinya. Ada 20 ribu nasabah disabilitas," ujar Erick di Kabupaten Bandung, Sabtu (16/9/2023).

1. PNM juga ditujukan untuk kredit ultramikro

Erick Thohir Dorong PNM Terus Perhatikan Nasabah Disabilitas(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Eric menjelaskan, beberapa trobosan lain dari PNM untuk disabilitas juga kini telah dilakukan seperti membuat subsidi ultramikro. Program itu juga menyentuh banyak lapisan masyarakat. Artinya program ini tidak ada dikhususkan pada kelompok tertentu.

"Kredit ultramikro ini kami dorong adanya subsidi dan kami dorong dua tahun lalu insya Allah menteri terkait bisa punya komitmen sama. Ini program benar hadir untuk mereka yang membutuhkan," kata dia.

2. PNM bantu masalah layanan dan pertumbuhan ekonomi

Erick Thohir Dorong PNM Terus Perhatikan Nasabah Disabilitas(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi menyatakan komitmen PNM dalam pemberdayaan nasabah ultramikro melalui pembiayaan dan pendampingan tidak pandang bulu. Hal ini sejalan dengan konsentrasi perusahaan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

"Pada pilar ekonomi PNM membantu pemerintah mengentaskan masalah pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan yang terjadi di masyarakat," ucapnya.

3. PNM banyak dampingi kelompok perempuan

Erick Thohir Dorong PNM Terus Perhatikan Nasabah Disabilitas(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Arif menambahkan, saat ini nasabah PNM dapat dibilang banyak, seperti di Jawa Barat sendiri ada sebanyak tiga juta lebih. Peningkatan nasabah setiap tahunnya juga mengalami peningkatan yang tergolong signifikan.

"Ibu-ibu yang mau usaha kami dampingi, tanpa melihat keterbatasan fisik. Karena justru di situlah PNM hadir memberi pelayanan bagi mereka yang butuh bantuan untuk mengurangi kesenjangan sosial," kata dia.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI, PNM Gelar Webinar dan Lomba di Kampung Madani PNM

Baca Juga: Cegah Stunting, PNM Gelar Penyuluhan Edukasi Gizi pada Ibu Nasabah PNM

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya