Dilanda Kekeringan, Warga Pangandaran Akhirnya Dapat Air Bersih

Pangandaran turut terdampak kekeringan akibat kemarau

Pangandaran, IDN Times - Musim kemarau turut berdampak pada kekeringan di beberapa wilayah Jawa Barat. Kondisi ini turut terjadi di Dusun Ciawitali, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran

Merespons kekeringan di wilayah itu, Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Nelayan Balad dan Nelayan Wanita Sadulur Ganjar memberikan bantuan pengeboran air bersih, pada Rabu (13/9/2023).

1. Warga bersyukur dapat bantuan

Dilanda Kekeringan, Warga Pangandaran Akhirnya Dapat Air Bersih(Istimewa)

Salah satu warga Dusun Ciawitali, Solihati bercerita bahwa untuk mendapatkan air bersih ia harus berjalan sejauh satu kilo meter dan menimba air di sumur yang sudah mulai kering.

"Sumur yang masih ada airnya cuma ini, bersyukur sekali dari relawan Pak Ganjar memberikan bantuan untuk air bersih. Karena kami biasanya ambil air ke sini karena sudah tidak air bersih di rumah," ujar Solihati, melalui keterangan resmi, Kamis (14/9/2023).

2. Bantuan berupa pengeboran air

Dilanda Kekeringan, Warga Pangandaran Akhirnya Dapat Air Bersih(Istimewa)

Sementara, Koordinator Nelayan Balad Ganjar Ciawitali, Kamsu mengatakan, bantuan yang diberikan pada warga setempat berupa pengeboran air sedalam 80 meter, toren air kapasitas 5.000 liter, mesin pompa air berkekuatan 1,5 PK, dan pipa air sepanjang 100 meter.

"Kami memberikan bantuan untuk mengatasi masalah kekeringan di Dusun Ciawitali. Insya Allah dengan adanya bantuan ini masyarakat ke depannya akan lebih mudah mendapatkan air bersih," ungkapnya.

3. Pengerjaan dilakukan secara gotong royong

Dilanda Kekeringan, Warga Pangandaran Akhirnya Dapat Air Bersih(Istimewa)

Kamsu mengungkapkan, warga memiliki antusiasme yang tinggi. Hal tersebut terlihat saat adanya bantuan datang, para warga goyong-royong agar bantuan dapat segera digunakan.

"Kami gotong-royong dengan warga setempat untuk membawa toren air ke atas, memasang pipa penyalur air, dan lainnya," katanya.

Kamsu pun berharap ke depannya Sukarelawan Ganjar dapat terus membantu kesulitan-kesulitan warga, seperti apa yang dicontohkan Ganjar.

"Karena kegiatan seperti ini terinspirasi dari sosok Pak Ganjar, semoga kami bisa selalu hadir dan membantu masyarakat," kata dia.

Baca Juga: BMKG Prediksi Kekeringan di Jabar Bakal Terjadi Hingga Oktober 2023

Baca Juga: Kekeringan, 15 Kabupaten Kota di Jabar Kekurangan Air Bersih

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya