Dapil Jabar II, Aher dan Dede Yusuf Amankan Kursi di Senayan

Total ada 10 nama yang lolos di Dapil Jabar II

Bandung, IDN Times - Mantan pasangan Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013, Ahmad Heryawan alias Aher-Dede Yusuf dipastikan mendapatkan kursi DPR RI dari Dapil Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

DRP RI Dapil Jabar II ini diberikan kuota dari KPU RI hanya sepuluh kursi. Jumlah ini cukup banyak dibandingkan dengan Dapil Jawa Barat I yang jumlahnya hanya tujuh kursi. Daerah pemilihan Jawa Barat II ini juga dijuluki sebagai 'dapil neraka', karena partai politik menempatkan beberapa tokoh populer hingga artis untuk mendulang banyak suara di sana.

1. Kuota kursi Dapil Jabar II hanya tersedia sepuluh

Dapil Jabar II, Aher dan Dede Yusuf Amankan Kursi di SenayanWikipedia

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara KPU Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, ada sepuluh nama yang bakal menempati jatah sepuluh kursi di Senayan.

Adapun sepuluh nama ini yaitu Cucun Ahmad Syamsurizal dari PKB, TB. Ace Hasan Syadzili Partai Golkar, Ahmad Heryawan PKS, Rachel Maryam Sayidina Partai Gerindra, Dede Yusuf Macan Effendi dari Partai Demokrat, Denny Cagur dari PDIP, Ahmad Najib Qodaratullah dari PAN, Rajiv dari NasDem, Asep Romy Romaya PPP, Dadang M. Naser Partai Golkar.

2. Aher dan Dede Yusuf sempat berpasangan, bersaing, dan kini jadi rekan

Dapil Jabar II, Aher dan Dede Yusuf Amankan Kursi di SenayanGedung DPR/MPR (IDN Times/Amir Faisol)

Menariknya, dalam perebutan kursi DPR RI Dapil Jawa Barat II ini diisi oleh mantan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2008-2013, Aher-Dede Yusuf. Keduanya sempat memimpin Provinsi Jawa Barat, dan kini kembali melenggang ke Senayan dari daerah pemilihan yang sama.

Tidak hanya itu, keduanya sempat menjadi rival pada Pilgub 2013-2018, di mana Dede Yusuf maju mencalonkan diri sebagai Gubernur dengan pasangan Lex Laksamana. Sementara Aher bersama Deddy Mizwar alias Demiz.

Hasilnya pasangan Aher-Demiz terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

3. Sepuluh nama yang lolos dari Dapil Jabar II didominasi wajah baru

Dapil Jabar II, Aher dan Dede Yusuf Amankan Kursi di Senayancnnindonesia.com

Aher dan Dede Yusuf terpilih berdasarkan rapat pleno rekapitulasi KPU Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Adapun hasil akhirnya nanti akan ditentukan setelah pleno rekapitulasi KPU RI.

Untuk saat ini, proses perhitungan suara masih dilakukan di tingkat KPU provinsi.

KPU Jawa Barat sendiri kini menunda pleno rekapitulasi suara karena ada dua Kabupaten kota yang belum siap untuk disidangkan. Sehingga, rekapitulasi pleno harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

"Diskors hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan, nanti akan ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Ketua Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat, Hedi Ardia.

Berikut daftar sepuluh anggota DPR RI terpilih Dapil Jabar II berdasarkan pleno rekapitulasi KPU Kabupaten Bandung, Bandung Barat:

1. Cucun Ahmad Syamsurizal (PKB): 267.788 suara.

2. Dede Yusuf (Demokrat): 210.179 suara.

3. Ahmad Heryawan (PKS): 145.034 suara.

4. Rachel Maryam Sayidina (Gerindra): 114.749 suara.

5. TB. Ace Hasan Syadzili (Golkar): 107.704 suara.

6. Dadang M. Naser (Golkar):100.690 suara.

7. Ahmad Najib Qodaratullah (PAN): 91.769 suara.

8. Asep Romy Romaya (PPP): 78.772 suara.

9. Denny Cagur (PDIP): 58.043 suara.

10. Rajiv (NasDem): 58.018 suara.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siap Jadi Inisiator Integrasi Perpajakan Nasional

Baca Juga: Kejutan di Pileg 2024 DPR Dapil Jabar I, Fathi Melenggang ke Senanyan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya