Capres Alternatif, Ridwan Kamil Tetap Dukung Airlangga Hartarto

Ridwan Kamil akan ikuti mekanisme Partai Golkar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan tetap mendukung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) 2024, meski namanya masuk sebagai Capres alternatif versi survei Litbang Kompas.

Menurutnya, dengan posisinya yang sudah masuk Partai Golkar, semua keputusan akan mengikuti mekanisme partai. Meski begitu, ia tetap mensyukuri hasil survei ini.

"Saya selalu menjawab terima kasih, bagi yang mempercayakan elektabilitas, kalau posisi politik praktis karena sudah jadi kader Golkar maka saya taat aturan rumah tangga," ujar Emil di Bandung, Selasa (28/2/2023).

1. Ridwan Kamil dukung Airlangga Hartarto

Capres Alternatif, Ridwan Kamil Tetap Dukung Airlangga HartartoKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ketika mengenalkan Ridwan Kamil sebagai kader baru pada Rabu, (18/1/2023). (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sampai saat ini, Partai Golkar masih mendorong agar ketua umum Airlangga Hartarto untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Sehingga, Emil menyatakan akan tetap mengikuti aturan Partai Golkar.

"Capres Partai Golkar Masih Airlangga Hartarto dan saya dukung. Bahwa saya survei lumayan, hatur nuhun," katanya.

2. Nama Ridwan Kamil kalahkan AHY dan Sandiaga Uno

Capres Alternatif, Ridwan Kamil Tetap Dukung Airlangga HartartoAirlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Untuk diketahui, nama Ridwan Kamil masuk capees alternatif terpopuler versi Survei Litbang Kompas sigi Januari 2023. Emil menduduki urutan pertama dari sepuluh nama lain yang diminati masyarakat.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, Emil meraih tingkat elektabilitas tertinggi sebagai capres alternatif dengan angka 22,7 persen. Sedangkan, Sandiaga Uno berada di peringkat kedua dengan 7,3 persen dan AHY sebesar 5,8 persen.

"Melejitnya sosok Ridwan Kamil sebagai capres alternatif berselaras dengan keberhasilannya mempertahankan elektabilitas pada posisi keempat untuk membayangi tiga besar capres potensial teratas," ujar peneliti Litbang Kompas Eren Marsyukrilla, Rabu (22/2/2023).

3. Ridwan Kamil dapat peralihan dukungan

Capres Alternatif, Ridwan Kamil Tetap Dukung Airlangga HartartoAirlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, survei ini menunjukan keterpilihan Ridwan Kamil sebagai figur alternatif, dan ditopang oleh adanya peralihan dukungan yang cukup besar, baik dari pendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Ridwan Kamil mendapat peralihan 16,5 persen dari pendukung Anies Baswedan sementara pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang mengalihkan dukungan sebesar 14 persen," ungkapnya.

Berikut elektabilitas figur capres alternatif berdasarkan survei Litbang Kompas Kompas:

1. Ridwan Kamil: 22,7 persen

2. Sandiaga Uno: 7,3 persen.

3. AHY: 5,8 persen.

4. Erick Thohir: 4,5 persen

5. Tri Rismaharini: 4,3 persen

6. Andika Perkasa: 2,3 persen

7. Puan Maharani: 1,5 persen

8. Airlangga Hartarto: 0,8 persen

9. Mahfud MD: 0,7 persen

10. Hary Tanoesoedibyo: 0,5 persen

Baca Juga: 3 Capres Alternatif menurut Litbang Kompas, Ridwan Kamil Teratas

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Kang Emil Jadi Cawapres Melejit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya