Caleg Komedian DPD RI Dapil Jabar: Komeng Lolos, Ogi SOS Gigit Jari

Petahana pun tidak mampu mengejar Komeng

Bandung, IDN Times - Komedian senior, Alfiansyah Komeng, resmi mengantongi satu tiket Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia  (DPD RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat. Dia turut mengalahkan caleg komedian lainnya yaitu Ogi SOS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi, Alfiansyah Komeng meraih suara terbanyak untuk DPD RI Dapil Jawa Barat.

"Untuk DPD RI Dapil Jawa Barat, suara tertinggi diraih Alfiansyah Komeng," ujar Ummi usai rapat pleno di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (18/3/2024), malam.

1. Nasib Ogi SOS berbeda dengan Komeng

Caleg Komedian DPD RI Dapil Jabar: Komeng Lolos, Ogi SOS Gigit Jaripotret komedian Komeng (instagram.com/komeng.original)

Caleg DPD RI Dapil Jawa Barat ini ada sebanyak 54 orang. Adapun kuota kursi yang disediakan dari KPU pusat untuk DPD RI Dapil Jawa Barat hanya empat, sehingga empat nama dengan perolehan suara tertinggi otomatis dinyatakan menang.

Pada pemilihan DPD RI Dapil Jawa Barat 2024 ini tergolong menarik, karena majah baru mendominasi dari petahana. Mulai dari artis hingga tokoh masyarakat dan komedian turut menjajal keberuntungannya.

Adapun untuk kelompok komedian hanya ada dua calon, Alfiansyah Komeng, dan Ogi SOS bekas satu grup lawak bersama Entis Sutisna alias Sule dan Aa Oni Suwarman yang juga anggota DPD RI Jabar dua periode.

2. Suara Ogi tidak mampu ada di empat besar DPD RI Dapil Jawa Barat

Caleg Komedian DPD RI Dapil Jabar: Komeng Lolos, Ogi SOS Gigit JariPleno Rekapitulasi suara KPU Jawa Barat (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Raihan suara Ogi kalah jauh dibandingkan dengan Komeng. Dia hanya memperoleh sebanyak 333.793 suara, sementara Komeng menduduki raihan terbanyak dengan 5.399.699 suara.

Ogi juga masih kalah jauh dengan tiga calon lain yang memperoleh suara banyak.

Dengan begitu, Ogi tidak akan mendapatkan tiket menjadi senator asal Jawa Barat. Adapun di bawah Komeng ada Aanya Rina Casmayanti dengan perolehan 1.976.561 suara, Jihan Fahira 1.823.907 suara, Agita Nurfianti 1.168.837 suara.

3. Komeng tenggelamkan suara petahana

Caleg Komedian DPD RI Dapil Jabar: Komeng Lolos, Ogi SOS Gigit Jari(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, petahana pun harus takluk dengan raihan suara Komeng. Satu orang calon petahana, Amang Syafrudin pada pemilu kali ini kandas dan tidak mendapatkan tiket untuk menjadi senator asal Jawa Barat.

Pada Pemilu 2024 ini dia hanya memperoleh sebanyak 1.108.516 suara. Sementara, Eni Sumarni juga hanya memperoleh 285.179 suara.

Sementara, Aceng Fikri yang sebelumnya sempat menjadi anggota DPD RI Dapil Jawa Barat, kini hanya memperoleh 1.128.912 suara. Dia masih kalah jauh dari raihan suara Komeng dan tiga caleg lainnya.

Adapun empat caleg DPD RI Dapil Jawa Barat yang meraih suara tertinggi berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi oleh KPU Jawa Barat, yaitu:

1. Alfiansyah Komeng: 5.399.699
2. Aanya Rina Casmayanti: 1.976.561
3. Jihan Fahira: 1.823.907
4. Agita Nurfianti: 1.168.837

Baca Juga: Peta Kemenangan Prabowo-Gibran di Jabar Berdasarkan Hasil Pleno KPU 

Baca Juga: Pleno KPU Jabar: Komeng Sah Jadi Senator Asal Jawa Barat!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya