Bus Bandros Jadi Saksi Arak-Arakan Atlet SEA Games 2023

Ada delapan Bus Bandros yang digunakan untuk arak-arakan

Bandung, IDN Times - Sebanyak delapan bus Bandung On The Tour (Bandros) dari Jawa Barat jadi saksi arak-arakan kontingen Indonesia usai berlaga di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Kendaraan ini dipilih langsung oleh Kemenpora.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan, penggunaan Bus Bandros untuk arak-arakan kontingen SEA Games 2023 Kamboja kerupakan buah koordinasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Jabar yang dikoordinir (Bus Bandros), Pemprov bantu delapan unit, lima unit dari Kota Bandung, satu unit dari Kota Cimahi, dua unit dari Pemprov Jabar. Permintaan Kemenpora," kata Benny, dikutip Sabtu (20/5/2023).

1. Bandros merupakan inovasi Ridwan Kamil

Bus Bandros Jadi Saksi Arak-Arakan Atlet SEA Games 2023Raja tour

Sebagaimana diketahui, Bus Bandros merupakan kendaraan wisata yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Bus ini kemudian diberikan ke beberapa daerah yang ada di Jabar.

"Kendaraan Bandros merupakan inovasi Pak Ridwan Kamil pada saat jadi Wali Kota Bandung dan direplikasi dan dibagikan Kabupaten/Kota di Jawa Barat saat beliau menjadi Gubernur Jabar," ungkap Benny.

2. Bus Bandros merupakan partisipasi Jabar untuk Indonesia

Bus Bandros Jadi Saksi Arak-Arakan Atlet SEA Games 2023Benny Bachtiar (Istimewa)

Dengan dipilihnya Bus Bandros untuk arak-arakan, diartikan bahwa Jabar memiliki partisipasi untuk kontingen SEA Games 2023 Kamboja. Beberapa atlet di Jabar juga ada yang turut tanding mewakili Indonesia di pesta olahraga Asia Tenggara ini.

"Ini merupakan partisipasi Jawa Barat untuk Indonesia," kata dia.

3. Arak-arakan dilakukan di Jakarta

Bus Bandros Jadi Saksi Arak-Arakan Atlet SEA Games 2023Berbagai sumber

Untuk diketahui, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Pencak silat menjadi cabor paling banyak menyumbang medali emas (9 emas), disusul atletik (7). Indonesia juga berhasil menyabet emas sepakbola untuk pertama kalinya sejak 1991.

Kemenpora kemudian mengapresiasi pencapaian para atlet Indonesia di SEA Games 2023 dengan arak-arak kirab juara pada Jumat (19/5/2023) mulai pukul 8.00 pagi WIB.

Rute arak-arak dimulai dari Kantor Kemenpora RI lalu ke FX Sudirman, Semanggi, dan Bundaran HI. Parade kemudian kembali ke arah Senayan menuju putaran Patung Pemuda dan berakhir di Gelora Bung Karno.

Baca Juga: Pesan Dito saat Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023

Baca Juga: Indonesia Siapkan 2 Opsi untuk Kontingen di SEA Games 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya