BPIP Ungkap Makna Menggelar Kirab Pancasila di Kota Bandung

Kota Bandung menjadi lokasi strategis bergemanya Pancasila

Bandung, IDN Times - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kirab Pancasila di Jalan Asia Afrika di Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023). Selain mengadakan kirab, kegiatan mereka yang lain ialah pemberian penghargaan pada berbagai tokoh.

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi mengatakan, ada beberapa alasan kirab Pancasila digelar di Kota Bandung. Salah satunya berkaitan dengan Presiden Soekarno yang menggabungkan Pancasila melalui kegiatan Konferensi Asia Afrika pertama.

"Untuk mengingatkan dengan perjuangan semua maka kami ambil Kota Bandung ya, sangat berkaitan dengan Pancasila," ujar Yudian.

1. Ada 18 tokoh mendapatkan penghargaan

BPIP Ungkap Makna Menggelar Kirab Pancasila di Kota Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Yudian menjelaskan, dalam kegiatan ini ada 18 tokoh yang turut diberikan penghargaan, di antaranya ialah 13 tokoh untuk kategori insan Pancasila, dan lima tokoh untuk penghargaan kategori ikon prestasi.

Adapun penerima penghargaan ikon prestasi Pancasila di antaranya yaitu Latifah Nurahmi di bidang sains dan inovasi; Prof. Emil Salim di bidang kewirausahaan sosial; Titiek Puspa di bidang seni dan budaya; serta Alissa Wahid di bidang lintas iman; dan Ni Nengah Widiasih di bidang olahraga.

Sedangkan insan Pancasila yaitu Taufiq Kamal; M Alfatih Timur; Prof. Muhammad Nurhuda; Tim Esport Evos; Ignatius Jonan; Umi Waheeda; Putri Ariani; Waljinah; Ulil Abshar Abdalla; Elga J. Sarapung; Prof. I Gusti Ngurah Sudiana; Risa Damayanti; dan Imron Rosadi.

2. Tokoh yang dapat penghargaan punya segudang prestasi

BPIP Ungkap Makna Menggelar Kirab Pancasila di Kota Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Deputi hubungan antarlembaga, sosialisasi, komunikasi dan jaringan Republik Indonesia, Prakoso mengatakan, tokoh-tokoh yang diberi penghargaan ikon prestasi Pancasila memiliki prestasi di bidang masing-masing.

Prestasi mereka mulai dari bidang sains dan teknologi, wirausaha sosial, olahraga, kerukunan umat beragama, dan seni budaya. Selain itu, insan Pancasila merupakan tokoh yang memiliki rekam jejak prestasi membanggakan.

"Insan Pancasila itu telah terkonfirmasi mempunyai prestasi yang bisa membanggakan," kata dia.

3. Kirab Pancasila mengundang perhatian masyarakat

BPIP Ungkap Makna Menggelar Kirab Pancasila di Kota Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Prakoso menambahkan, Pemerintah Pusat akan terus mencari tokoh-tokoh berprestasi, dan sosok teladan yang mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini juga turut melibatkan berbagai pihak dan masyarakat di Kota Bandung.

"Selain penghargaan ada juga kirab Pancasila di Jalan Asia Afrika. Sejumlah unsur terlibat dalam kegiatan kirab dan ini mengundang perhatian masyarakat umum," kata dia.

Baca Juga: Fokus Berantas Stunting, BPIP dan UNNES Inisiasi Gerakan Aksi Ini

Baca Juga: Bantu Pendidikan, BPIP Telusuri Kembali Risalah Rapat BPUPK 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya