Bio Farma Raih Anugerah Lingkungan PROPER Kategori Emas

Penghargaan ini sudah diterima sebanyak delapan kali

Bandung, IDN Times - Bio Farma, induk holding BUMN Farmasi Indonesia meraih anugerah lingkungan PROPER kategori emas dari pemerintah pusat. Perusahaan pelat merah ini dinilai mampu melakukan pengelolaan lingkungan, Eko Inovasi, Inovasi Sosial, dan Green Leadership Perusahaan, dengan baik.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dengan didampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong dan diterima oleh Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, program PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan, utamanya untuk mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri yang dilakukan.

"Perusahaan tidak lagi hanya berfokus menghasilkan keuntungan tetapi juga harus memastikan kelestarian lingkungan sekitar baik lingkungan fisik maupun sosial," ucap Ma'ruf dalam keterangan tertulisnya, dikutip, Kamis (21/12/2023).

1. Bio Farma berkomitmen menjaga bumi

Bio Farma Raih Anugerah Lingkungan PROPER Kategori Emas(Istimewa)

Sementara itu Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya mengatakan, Bio Farma senantiasa menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan pencapaian Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (TPB) dengan berbasis ISO 26000 dan community development.

"Kami berkomitmen menjadikan bumi lebih bersih untuk ditinggali melalui efisiensi energi menjadikan lingkungan tempat yang untuk generasi masa depan, dengan melakukan inovasi berdasarkan konsep keberlanjutan untuk lingkungan dan inovasi keberlanjutan yang memberikan dampak positif dan nyata untuk masyarakat," katanya.

2. Penghargaan dijadikan motivasi untuk berikan yang terbaik pada masyarakat

Bio Farma Raih Anugerah Lingkungan PROPER Kategori Emasilustrasi obat sirop (IDN Times/Aditya Pratama)

Shadiq menjelaskan, apresiasi PROPER kategori Emas yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang kedelapan kalinya ini, merupakan bukti keseriusan Bio Farma dalam berkontribusi secara optimal dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

"Penghargaan PROPER Emas yang ke delapan kalinya diterima Bio Farma, ini menjadi suntikan motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat," katanya.

3. Berbagai program peduli lingkungan sudah diberikan ke masyarakat

Bio Farma Raih Anugerah Lingkungan PROPER Kategori Emasilustrasi obat sirop (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu VP TJSL, Manajemen Aset dan Umum Bio Farma Tjut Vina memaparkan bahwa selain program kepedulian pada aspek lingkungan, melalui TJSL Bio Farma memiliki perhatian yang besar pengembangan masyarakat.

Bio Farma, kata dia, telah menjalankan Sustainability Program di wilayah pengembangan masyarakat pada (Nature, Economy, Social and Wellbeing). Di antarnya program Eco Forestry Green Tourism Bukit Senyum Cipada, yang berbasis Community Based On Tourism (CBT).

Dalam konsep itu memiliki konten wisata terkait potensi Desa Cipada seperti pertanian, perkebunan, dan peternakan, untuk menyadarkan masyarakat akan potensi yang dimiliki.

Lebih lanjut lagi, Tjut Vina menyampaikan manfaat yang telah diterima oleh masyarakat. Potensi yang ada belum dimaksimalkan secara optimal dan sempat terkena dampak COVID-19.

Hadirnya Bio Farma mampu meningkatkan potensi di mana sebanyak 829 orang menjadi penerima manfaat, 22 orang berprofesi baru menjadi tour guide.

"Peningkatan pendapatan peternakan UMKM 44 persen, dan peningkatan pendapatan sebanyak 167 persen," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Mau Terapkan Kembali Pembatasan Sosial COVID-19

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong UMKM Ekspor Luar Negeri Melalui Forum Diaspora

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya