Biaya Rp23,8 M, Revitalisasi Monumen Perjuangan Diresmikan

Sumber dana berasal dari APBD Jabar tahun anggaran 2023

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menyelesaikan revitalisasi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) yang berdiri di Kota Bandung. Masyarakat kini sudah bisa kembali menikmati fasilitas ruang publik milik Pemprov Jawa Barat ini.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, revitalisasi Monju ini sudah diresmikan dan telah dibuka untuk masyarakat Jabar terutama Kota Bandung. Adapun revitalisasi dilakukan untuk kenyamanan masyarakat.

"Meresmikan revitalisasi Monumen Perjuangan yang sebetulnya diresmikan pada 28 tahun silam oleh Mantan Gubernur Jabar Raden Nana Nuriana. Sekarang direvitalisasi untuk kepentingan masyarakat, untuk berkumpul di sini," ujar Bey, Kamis (28/12/2023).

1. Banyak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan masyarakat

Biaya Rp23,8 M, Revitalisasi Monumen Perjuangan Diresmikan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, revitalisasi Monju saat ini bisa memberikan kenyamanan masyarakat untuk menikmati ruang publik. Sebab di area monumen saat ini sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung, seperti taman bermain anak serta ruang teater. Sehingga dia meminta masyarakat Kota Bandung bisa bersyukur.

"Jadi kami bersyukur Kota Bandung dan Jawa Barat bisa memiliki fasilitas sebaik ini," katanya.

2. Pembangunan telan biaya hingga miliaran rupiah

Biaya Rp23,8 M, Revitalisasi Monumen Perjuangan Diresmikanilustrasi APBD (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jawa Barat, Indra Maha mengatakan, revitalisasi Monju ini menelan biaya Rp23,8 miliar. Sumber dananya sendiri berasal dari APBD Jabar tahun anggaran 2023.

"Revitaliasai Monju sekarang ini dananya Rp23,8 miliar dari APBD, luas areanya kira-kira 31 ribu meter persegi dari atas monumen itu kan kami ganti lantainya, sampai ke bawah berbatasan dengan monumen COVID-19," kata Indra. 

3. persoalan parkir tanggung jawab Pemkot Bandung

Biaya Rp23,8 M, Revitalisasi Monumen Perjuangan Diresmikanilustrasi APBD (IDN Times/Aditya Pratama)

Pengerjaan revitalisasi Monju ini, menurut dia, telah berjalan sejak awal 2023 hingga akan diresmikan oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin di pengujung tahun ini. Adapun pengelolaanny masih dalam kewenangan provinsi. Sedangkan area luar masuk tanggung jawab Pemprov Jabar.

"Itu kalau yang wilayah monumen perjuangan punya provinsi, tapi yang jalan itu kewenangan Kota Bandung makanya kalau parkir dan segala macam itu di Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: 3 Nama Calon Sekda Pemprov Jabar Resmi Diserahkan Kemendagri

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Bisa Tertibkan Truk Tambang Nakal Parung Panjang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya