Bey Minta Asrama Haji Indramayu Berikan Pelayanan Maksimal

Bey akan cek langsung persiapan asrama haji di Indramayu

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin meminta agar kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar memberikan pelayanan terbaik terhadap calon jemaah haji yang menjalani karantina di asrama haji Indramayu.

Bey memastikan akan turun langsung mengecek semua persiapan jemaah haji di asrama haji Indramayu dan kesiapan BIJB Kertajati, sebelum nantinya diberangkatkan mulai 12 Mei 2024.

"Tanggal 30 April saya akan mengecek asrama haji di Indramayu, keberangkatannya di Kertajati," ujar Bey dikutip, Sabtu (27/4/2024).

1. Bey minta asupan makanan calon jemaah haji harus diperhatikan

Bey Minta Asrama Haji Indramayu Berikan Pelayanan MaksimalPj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bey ingin melihat langsung jemaah di asrama haji Indramayu dilayani sesuai dengan standar yang telah ditentukan baik dari kenyamanan, kebersihan maupun makanan dan minumannya.

"Saya ingin standar pelayanan diberikan yang terbaik. Mereka ini mau berangkat jadi harus nyaman baik makanannya, kebersihannya, dan lain-lain," ucapnya.

Total jemaah haji embarkasi Kertajati berjumlah 13.050 orang. Mereka akan mulai masuk asrama haji Indramayu pada 10 Mei 2024, sementara kloter pertama akan mulai berangkat pada 12 Mei 2024.

"Total 30 kloter, jadi sehari berangkat satu kloter dan kloter pertamanya berangkat tanggal 12 Mei 2024," kata Bey.

2. Jemaah haji Jabar diberangkatkan juga melalui Embarkasi Soekarno Hatta

Bey Minta Asrama Haji Indramayu Berikan Pelayanan MaksimalIlustrasi CJH Embarkasi Palembang (Dok. Kemenang Sumsel)

Sementara itu jemaah haji Jabar di embarkasi Soekarno Hatta berjumlah 27.161 orang. Mereka nantinya akan dibagi ke beberapa kloter, di mana keberangkatan setiap kloter sendiri akan menyesuaikan dengan waktu yang sudah ditentukan oleh Kemenag Jawa Barat.

"Total jemaah haji Jabar yang berangkat di Kertajati 13.050 orang, dan yang dari Soetta (Soekarno Hatta) 27.161 orang," kata dia.

3. Calon jemaah haji kota dan kabupaten Bandung berangkat lewat BIJB Kertajati

Bey Minta Asrama Haji Indramayu Berikan Pelayanan MaksimalLayanan baggage drop Citilink di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Jabar). (dok. Angkasa Pura II)

Sebelumnya, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan, jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung akan melebur jadi satu dengan jemah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Subang dan Sumedang.

"Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," ujar Faiz, Rabu (24/4/2024).

Seluruh jamaah sendiri nantinya akan melalui karantina di Asrama Haji Indramayu yang kini sudah beroperasi dan digunakan untuk Peberangkatkan tahun sebelumnya. Adapun untuk Peberangkatkan haji lewat BIJB ini akan melayani 30 kloter

"Layanan penerbangan haji di BIJB Kertajati ada 30 koloter. Untuk per hari rata-rata akan memberangkatkan satu kloter," katanya.

Baca Juga: Bekas TKD Prabowo-Gibran Jabar Ramai-ramai Calonkan Diri di Pilkada

Baca Juga: Calon Independen Pilgub Jabar Harus Kumpulkan 2,3 Juta KTP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya