Bey Machmudin Minta Tim Piala Dunia U-17 Mendarat di BIJB Kertajati

Pemprov Jabar akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong agar penerbangan beberapa tim Piala Dunia U-17 landing atau mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Adapun gelaran sepak bola dunia itu akan dimulai pada 10 November-2 Desember 2023.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, BIJB Kertajati akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023. Penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara akan dipindahkan seluruhnya.

Dengan kondisi itu, dia meminta ada beberapa tim Piala Dunia U-17 yang bertanding di beberapa stadion Bandung Raya, untuk bisa mendarat di BIJB Kertajati.

"Kan ada delapan tim yang akan bertanding di Bandung, kami akan mencoba agar ya minimal 1-2 tim mendaratnya di sini," ujar Bey, dikutip Kamis (12/10/2023).

1. Pemprov Jabar akan upayakan rencana ini

Bey Machmudin Minta Tim Piala Dunia U-17 Mendarat di BIJB KertajatiPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Bey memastikan, permintaan agar tim Piala Dunia U-17 mendarat di BIJB Kertajati harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. Sehingga, dia tidak ingin berjanji para timnas sepak bola dari seluruh dunia ini bisa mendarat di Kertajati.

"Tapi kami tidak janji ya, hanya saja kami akan upayakan," ucapnya.

2. Enam venue Piala Dunia U-17 di Bandung Raya belum semuanya siap

Bey Machmudin Minta Tim Piala Dunia U-17 Mendarat di BIJB KertajatiPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey sudah mengecek langsung semua venue yang ada di Bandung Raya untuk Piala Dunia U-17. Adapun total venue yang akan digunakan ada di enam tempat. Satu untuk lapangan utama, lima lainnya untuk berlatih.

"Jadi Jalak Harupat digunakan, itu sudah baik, dan ada lima stadion untuk latihan, ITB, UNPAD, IPDN, Sidolig, Arcamanik. Dari lima itu, dua yang masih dalam persiapan, jadi yang tiga sudah siap, tapi Insyaallah akan segera selesai," ungkapnya.

3. Ada dua lapangan yang masih dalam pematangan infrastruktur

Bey Machmudin Minta Tim Piala Dunia U-17 Mendarat di BIJB KertajatiPj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin usai dilantik di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat (5/9/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk dua stadion berlatih yang masih dalam pemantapan terletak di Arcamanik dan ITB. Bey mengatakan, saat ini pemerintah provinsi mendorong agar lekas dipenuhi semua kebutuhan dari PSSI dan FIFA.

"Yang tiga stadion sudah 100 persen, ya 90 sekian persen lah, tapi sudah siap digunakan. Yang tiga untuk latihan ya, yang dua sekitar 70 persen, itu Arcamanik dan ITB," katanya

Baca Juga: Pemprov Jabar Dilaporkan ke Ombudsman Imbas Pembatalan Kegiatan Anies 

Baca Juga: Pemprov Jabar Batalkan Kegiatan Anies Baswedan, Bey Beri Sindiran

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya