Baznas Kumpulkan Donasi untuk Palestina Sebesar Rp20 Miliar

Dana terkumpul dari berbagai organisasi hinga perorangan

Bandung, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia telah mengumpulkan dana senilai kurang lebih Rp20 miliar dari berbagai organisasi hingga perorangan sejak awal bulan November 2023.

Pimpinan Baznas RI, Rizaludin Kurniawan mengatakan, uang yang terkumpul ini tidak hanya dari organisasi atau kelompok saja. Beberapanya ada dari perseorangan yang mengirimkan langsung ke Baznas.

"Nah dalam rentang seminggu itu sudah terhimpun sekarang masuk di Baznas sekitar Rp20 miliar dan itu terus. Sekarang banyak dari perorangan maupun dari korporasi yang ingin membantu kepada masyarakat Gaza," kata Rizaludin di Bandung, Senin (6/11/2023).

1. Baznas sudah menyalurkan logistik dan uang tunai

Baznas Kumpulkan Donasi untuk Palestina Sebesar Rp20 Miliar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Rizaludin menjelaskan, uang donasi hingga Rp20 miliar ini menandakan bahwa antusias masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk membantu membantu warga Gaza yang tengah digempur serangan Israel.

Adapun Baznas sendiri sudah mengirim bantuan 21 ton logistik dan uang senilai Rp4 miliar. Semua bantuan itu dikirim bersamaan dengan bantuan tahap pertama yang diberangkatkan Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu.

"Baznas menyalurkan tahap pertama, kemarin dilepas oleh Presiden Jokowi sebanyak 21 ton di angka Rp4 miliar," ucapnya.

2. Baznas ingin membantu secara penuh warga Palestina

Baznas Kumpulkan Donasi untuk Palestina Sebesar Rp20 Miliar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Rizaludin mengatakan, Baznas juga akan hadir untuk proses recovery dan rekonstruksi di Palestina pasca gencatan senjata dari Israel. Sehingga, diperlukan dana yang cukup banyak untuk membantu warga Palestina.

"Maka dana ini perhitungan kami akan memerlukan banyak sekali, kalau kita ingin membantu kembali membangun perumahan, membangun masjid, membangun rumah sakit atau fasilitas-fasilitas umum," katanya.

3. IRMA menyalurkan donasi Rp200 juta

Baznas Kumpulkan Donasi untuk Palestina Sebesar Rp20 Miliar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, salah satu donatur Baznas untuk kemanusiaan di Palestina, Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Jawa Barat telah menginfakkan uang sebesar Rp200 juta. Adapun uang itu berasal dari sumbangan madrasah di Jabar.

"Ikatan Remaja Masjid Jawa Barat dari setiap sekolah dan madrasah sekarang menyalurkan bantuan gelombang kedua langsung ke Baznas. Jumlah yang diberikan untuk Palestina di gelombang dua jumlahnya Rp200 juta," ucap Pembina IRMA Jabar, Rifa Anggyana.

Rifa mengungkapkan, seluruh donasi diberikan untuk membantu warga Palestina yang tengah kesusahan karena gempuran dari Israel. Adapun Ikatan remaja masjid sendiri merupakan ekstrakurikuler keagamaan yang berada di sekolah dan madrasah.

"Dengan bergotong royong melalui sedekah di sekolah, dikumpulkan dan dikoordinir dan selanjutnya disalurkan melalui Baznas Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: MUI dan Baznas Kolaborasi Gelar Pelatihan Amil Zakat di Siantar

Baca Juga: 186 Santri di Surabaya Dapat Beasiswa dari Baznas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya