Arteria Dahlan Minta Polisi Ungkap Tuntas Kasus Novel Baswedan

Soal Novel jangan jadi utang kebangsaan

Bandung, IDN Times - Anggota Komisi III DPR-RI Fraksi PDI Pejuangan Arteria Dahlan menyakini pihak kepolisian akan objektif dalam menyikapi kasus dugaan penyiraman air keras kepada penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

"Kita mencermati kondisi objektif. Saya yakin pak Idham (Kapolri Jenderal Idham Azis) berkepentingan langsung terkait komitmen dan janji-janji kapolri," kata Arteria usai menghadiri peluncuran buku dari O.C. Kaligis berjudul "KPK Bukan Malaikat" di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Sabtu (7/12).

Baca Juga: Meski Kondisinya Stabil, Novel Baswedan Mengalami Kerusakan Mata Level 4

1. Arteria meyakini polisi saat ini banyak tekanan

Arteria Dahlan Minta Polisi Ungkap Tuntas Kasus Novel BaswedanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Arteria mengatakan, kepolisian bekerja sendirian dan mendapat tekanan dari masyarakat dalam mengungkap kasus tersebut. Walhasil, pekerjaan polisi menjadi urusan yang amat rumit.

"Tapi kami pahami betul, poisisi kepolisian sangat sulit. Sekarang ini masalahnya tidak bisa diserahkan ke polisi lagi. Memang keadaannya sangat sulit untuk menemukan pelaku," ungkapnya.

Baca Juga: Novel Baswedan Disiram Air Keras, Jokowi: Ini Tindakan Kriminal

2. DPR menyesalkan kasus tersebut terjadi

Arteria Dahlan Minta Polisi Ungkap Tuntas Kasus Novel BaswedanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Arteria menuturkan, DPR juga ikut menyesalkan penyerangan kepada Novel Baswedan tersebut. Baginya, penegak hukum pada dasarnya tidak boleh diintervensi, apalagi dalam posisi tengah melaksanakan tugas.

"Kami dari DPR memastikan tetap tidak boleh ada satu pun penegak hukum mengalami penganiayaan, intervensi dalam konteks melakukan kerja-kerja penegakan hukumnya. Ini haram hukumnya," tegasnya.

3. Serahkan semua kepada polisi dan pastikan usut semuanya

Arteria Dahlan Minta Polisi Ungkap Tuntas Kasus Novel BaswedanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Arteria menambahkan, DPR mengharapkan seluruh komponen bangsa dapat bersikap bijaksana dalam menyikapi kasus Novel Baswedan, dan mempercayakan sepenuhnya pengusutan kasus tersebut ke pihak kepolisian agar semua bisa di ungkap secara terbuka.

"Kita bisa menyikapinya tidak hanya mencari kebenaran saja tapi bagaimana memastikan perkara ini bisa diselesaikan dan tidak menjadi hutang kebangsaan dan kemanusiaan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya