Ada Tim Israel di Piala Dunia U-20, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Indonesia mendukung penuh kemerdekaan rakyat Palestina!

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil ikut memberikan tanggapan soal polemik penolakan keikutsertaan tim Israel di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2023. Dia memastikan Indonesia tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel.

Polemik penolakan keikutsertaan tim Israel di Piala Dunia U-20 2023 ini tengah ramai dibahas. Beberapa kepala daerah juga turut menyampaikan pendapatnya atas penolakan ini, tidak terkecuali Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil.

1. Indonesia tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel

Ada Tim Israel di Piala Dunia U-20, Ini Tanggapan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebagai daerah yang nantinya akan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung ini, Emil memastikan Indonesia tidak ada hubungan secara diplomatik dengan Israel.

"Secara faktual, kita (Indonesia) tidak ada hubungan diplomatik (dengan Israel). Ini tentu berdampak kepada semua urusan," tegas Emil melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/3/2023).

2. Kemenlu harus merespons hal ini

Ada Tim Israel di Piala Dunia U-20, Ini Tanggapan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, dengan tidak ada hubungan diplomatik artinya semua keputusan itu akan berimbas pada olahraga di Indonesia, khususnya Piala Dunia U-20 yang akan digelar dalam waktu beberapa bulan ke depan.

"Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia lebih tepat untuk merespons hal ini," katanya.

3. Ridwan Kamil ikuti amanat founding fathers Indonesia

Ada Tim Israel di Piala Dunia U-20, Ini Tanggapan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kang Emil memastikan bahwa dukungan masyarakat Indonesia kepada kemerdekaan Palestina tak akan berkurang. Hal ini, sejalan dengan keputusan para pendiri bangsa Indonesia yang mendukung penuh 100 persen kemerdekaan Palestina.

"Tetap mendukung kemerdekaan Palestina apapun yang terjadi dalam percaturan olahraga maupun yang berhubungan dengan (tim) Israel di Indonesia (ajang Piala Dunia U-20)," kata dia.

Baca Juga: Tolak Timnas Israel, Buya Husein: Qatar Saja Tolak Rusia!

Baca Juga: Ganjar Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 Indonesia: Amanat PDIP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya