Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Korlantas Siapkan Penyekatan Jalan 

Skema aturan masih akan dibahas dengan Kementerian

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Kombes Pol. Benyamin, mengatakan pihaknya akan menyiapkan skema terkait larangan mudik.

"Akan melakukan penyekatan terhadap kendaraan-kendaraan yang akan keluar Jakarta. Khusus kendaraan pribadi ataupun umum," kata Benyamin saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (21/4).

1. Masih akan dibahas dengan kementerian terkait

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Korlantas Siapkan Penyekatan Jalan Ilustrasi Jangan Mudik. #MediaLawanCovid19/Istimewa

Benyamin mengatakan, untuk kendaraan yang mendistribusikan sembako maupun bahan bakar minyak (BBM), tetap diperbolehkan ke luar dari wilayah Jakarta. Terkait aturan teknisnya, masih akan dibahas dengan kementerian terkait.

"Nanti masih akan ada pembicaraan di tingkat menteri. Karena, ini kan bukan hanya sendirian saja, tidak hanya polisi saja. Harus ada regulasinya seperti apa," jelas Benyamin.

2. Jika memang terpaksa mudik, harus ada izin dari BNPB

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Korlantas Siapkan Penyekatan Jalan Kepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Benyamin menjelaskan, sebelumnya pihaknya sempat merapatkan aturan larangan mudik. Jika memang terpaksa mudik, maka masyarakat harus memiliki izin dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 pusat yang ada di BNPB.

"Tapi kalau gak ada surat izin itu juga, di tengah-tengah (jalan saat mudik) akan ada sekat-sekat lain," katanya.

"Jadi banyak sekali nanti aturan-aturan yang masih dalam penggarapan, masih dalam pembahasan supaya masyarakat ini tetap di rumah aja," sambungnya.

3. Penyekatan jalan tidak hanya di jalan tol

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Korlantas Siapkan Penyekatan Jalan IDN Times/Galih Persiana

Benyamin mengatakan, jika aturannya nanti sudah terealisasi, penyekatan tidak hanya ada di jalan tol. Semua jalan nasional dan arteri juga akan disekat.

"Kalau jalan tol ada titik-titik tertentu. Tapi, kalau di luar jalan tol, itu nanti di tiap kabupaten ada itu sekat-sekatnya," ungkap Benyamin.

4. Jokowi putuskan seluruh warga dilarang mudik

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Korlantas Siapkan Penyekatan Jalan Presiden Jokowi dalam pelantikan Wagub DKI Jakarta. Youtube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memutuskan untuk melarang seluruh warga Indonesia mudik ke kampung halaman. Larangan tersebut ditetapkan Jokowi menyusul angka kasus positif virus corona di Indonesia terus meningkat.

Usai pemerintah mengimbau agar masyarakat tak mudik, Jokowi mengatakan ternyata masih ada 24 persen warga yang bersikeras ingin pulang ke kampung halaman. Sementara, 7 persennya sudah berada di kampung halaman.

“Hasil survei Kementerian Perhubungan disampaikan, yang tidak mudik 68 persen, yang tetap bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen, artinya masih ada angka sangat besar 24 persen lagi,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/4).

Keputusan larangan mudik akhirnya dikeluarkan Jokowi agar penyebaran virus corona tak semakin masif.

“Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga, mudik semuanya akan kita larang,” kata Jokowi.

Atas keputusannya tersebut, ia meminta para menterinya untuk mempersiapkan semuanya terkait dengan larangan mudik itu. Keputusan Jokowi itu dilakukan usai pemerintah memberikan larangan bagi ASN, TNI-Polri, dan Kementerian BUMN untuk pulang kampung.

Baca Juga: Jokowi: Masyarakat Nekat Mudik 24 Persen, Sudah Mudik 7 Persen

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya