Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh Berkunjung

Pengunjung wajib membeli tiket secara online

Jakarta, IDN Times - Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, Ancol akan dibuka kembali hari ini, Sabtu (20/6). Meski begitu, ada hal-hal yang wajib diketahui para pengunjung. Salah satunya, hanya warga Jakarta saja yang diperbolehkan berkunjung selama masa PSBB transisi.

"Manajemen hanya mengizinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol. Di luar area tersebut, akan dilakukan penyesuaian di kemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemik COVID-19," kata Rika dalam keterangan tertulisnya yang diterima IDN Times, Kamis (18/6).

1. Pengunjung wajib membeli tiket secara online

Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh BerkunjungPetugas keamanan berpatroli di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta, Senin (25/5/2020). Memasuki hari kedua Idul Fitri 1441 H, suasana Pantai Ancol sepi dari pengunjung akibat masih ditutup selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain itu, pembelian tiket dilakukan secara daring atau online melalui website resmi Ancol. Warga hanya perlu membuka website www.ancol.com dan klik menu tiket. Selanjutnya, pilih tipe tiket, unit rekreasi yang dituju dan pilih tanggal reservasi kunjungan.

"Jika kuota tersedia, tanggal tersebut bisa dipilih dan bila kuota telah habis maka bisa memilih tanggal lainnya. Pembelian tiket sudah mencakup tiket Gerbang Ancol dan unit rekreasi," jelasnya.

Jika pengunjung membawa kendaraan, maka wajib membeli tiket kendaraan di halaman tiket tersebut. Pengunjung juga wajib mengisi data diri dan formulir pernyataan yang tercantum dalam website.

"Pembelian tiket dapat dilakukan selama kuota masih ada. Namun untuk reservasi khusus pengguna annual pass dan juga pembelian di mitra online travel agent atau OTA, wajib dilakukan H-2 sebelum kunjungan," katanya.

Baca Juga: Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket Online

2. Anak usia di bawah 5 tahun, ibu hamil dan usia di atas 50 tahun dilarang berkunjung

Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh Berkunjunginstagram.com/infodufan

Manajemen Ancol juga membatasi jumlah pengunjung, yakni 50 persen dari kapasitas normal. "Serta tidak memperbolehkan anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan usia di atas 50 tahun rekreasi di Ancol," ucapnya.

Kemudian, unit rekreasi juga dibuka secara bertahap. Yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan  Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari.

"Sementara, untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," ujar Rika.

3. Informasi jam operasional unit rekreasi

Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh BerkunjungIDN Times/Amelinda Zaneta

Pembukaan Pintu Gerbang Ancol juga disesuaikan. Saat hari biasa, (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway. Sementara untuk akhir pekan (weekend), dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.

Berikut ini informasi jam operasionalnya:

  1. Pintu Gerbang Ancol : pukul 06.00 – 18.00 WIB
  2. Pantai dan Kawasan Ancol : pukul 06.00 – 20.00 WIB
  3. Dunia Fantasi : pukul 10.00 – 17.00 WIB
  4. Ocean Dream Samudra Seaworld Ancol : pukul 09.00 – 17.00 WIB
  5. Allianz Ecopark : pukul 07.00 – 17.00 WIB

Baca Juga: Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket Online

4. Protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung

Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh BerkunjungANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seluruh pengunjung, karyawan dan mitra yang ada dalam kawasan Ancol harus mematuhi sejumlah hal. Di antaranya, batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3℃. Melewati batas tersebut, maka tidak dapat memasuki kawasan Ancol atau menjadwalkan kembali kunjungannya.

"Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut serta membawa masker cadangan merupakan hal wajib. Pengaturan jaga jarak fisik juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5-2 meter," kata Rika.

Selanjutnya, calon pengunjung diharapkan mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi seperti alat makan, alat ibadah, membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat.

Imbuan, kata Rika, akan terus dilakukan oleh petugas maupun papan informasi, agar semua pihak dapat mencuci tangan dengan sabun lebih sering dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

"Manajemen Ancol berkomitmen untuk tetap dapat menjaga kebersihan dan higienitas seluruh wahana atau pun prasarana umum yang terdapat di dalam kawasan rekreasi. Penambahan fasilitas cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer serta melakukan pembersihan dengan disinfektan akan rutin dilakukan," jelas Rika.

5. Berikut informasi harga tiket selengkapnya

Ancol Dibuka Hari Ini, Hanya Warga Jakarta yang Boleh BerkunjungGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
  1. Pintu Gerbang Ancol : Rp25.000/orang (weekdays & weekend)
    Mobil : Rp25.000
    Motor : Rp15.000
  2. Dunia Fantasi (termasuk Gerbang Ancol dan Dufan) Senin - Jumat : Rp225.000 Sabtu/Minggu/Libur : harga normal Rp320.000, harga pembelian di website Ancol Rp275.000
  3. Sea World Ancol (termasuk Gerbang Ancol & Sea World ) Senin – Jumat : Rp110.000 Sabtu/Minggu/Libur : Rp130.000
  4. Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol & Samudra)
    Senin - Jumat : harga normal Rp120.000, harga pembelian di website Ancol Rp95.000 Sabtu/Minggu/Libur : harga normal Rp155.000, harga pembelian di website Ancol Rp105.000
  5. Tiket bundling Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol, Sea World, dan Samudra) Senin – Jumat : Rp165.000
    Sabtu/Minggu/Libur : Rp210.000

Harga unit-unit rekreasi tersebut khusus pembelian di www.ancol.com, tiket berlaku satu kali kunjungan dan sudah termasuk Pintu Gerbang Utama Ancol. Periode pembelian sampai 30 Juni 2020. Seluruh informasi dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.

Baca Juga: Anies Tinjau Dufan dan Ancol, Bersiap Dibuka Saat Normal Baru

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya