11 Hari Isolasi Mandiri, Novel Baswedan Dipastikan Negatif COVID-19

Virus diklaim tidak lagi menular dan berbahaya

Jakarta,IDN Times - Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan, dipastikan negatif dari virus corona atau COVID-19. Hal itu dia ungkapkan dalam akun Twitternya @nazaqistsha.

"Setelah menjalani isolasi mandiri selama 11 hari, saya bersama dengan keluarga kembali melakukan tes swab. Alhamdulillah hasilnya sudah negatif," demikian antara lain cuitan Novel, Selasa (8/9/2020).

1. Virus diklaim tidak lagi menular dan berbahaya

11 Hari Isolasi Mandiri, Novel Baswedan Dipastikan Negatif COVID-19(Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan) IDN Times/Ashari Arief

Dilansir dari ANTARA, Novel mengatakan, sesuai penjelasan dokter masa aktif dari COVID-19 hanya 10 hari. Setelah itu, tidak lagi menular dan tidak berbahaya. Meski begitu, dia belum dapat memastikan kapan akan kembali bekerja di kantor.

"Maunya gitu, cuma nanti saya lihat responsnya bagaimana. Karena kan anjurannya isolasi 14 hari. Pada dasarnya, saya akan lihat dan tentunya saya akan hormati. Namanya isolasi kan dilakukan dengan optimal dan masalah penularan itu kan menjadi hal penting," ucapnya.

Baca Juga: Novel Baswedan Kena COVID-19 sampai Kerbau Raib Disembur Lumpur

2. Novel, istri dan empat anaknya sempat dinyatakan positif COVID-19

11 Hari Isolasi Mandiri, Novel Baswedan Dipastikan Negatif COVID-19Novel Baswedan memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (6/1) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Novel Baswedan sebelumnya dinyatakan positif terpapar COVID-19 pada Jumat, 28 Agustus 2020. Kemudian pada Senin, 31 Agustus 2020, empat dari lima anaknya dinyatakan positif COVID-19. Selang satu hari kemudian, sang istri Rina Emilda, juga dinyatakan terjangkit virus tersebut.

Novel saat itu menegaskan, mereka semua dalam kondisi sehat. Bahkan, sama sekali tidak menunjukkan gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

"(Usia anak-anak saya) 16,5, 15, 12, 9 dan 3,5. Yang negatif usia 3,5 tahun," ungkapnya kepada IDN Times Senin, 1 September 2020.

3. Ada 25 orang di lingkungan KPK yang terpapar COVID-19

11 Hari Isolasi Mandiri, Novel Baswedan Dipastikan Negatif COVID-19Ilustrasi gedung KPK (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan ada 25 orang di lingkungan KPK terpapar COVID-19. Rinciannya, 22 pegawai melakukan isolasi mandiri dan satu orang pegawai masih menjalani perawatan di ICU RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Kemudian dua orang tahanan. Satu orang dilakukan isolasi mandiri di Rutan KPK Kavling C1 dan satu orang di rawat di RS Polri Kramat Jati, Jakarta," kata Ali, Senin 7 September 2020.

Untuk mencegah penyebaran virus itu, KPK kembali mengadakan tes swab kepada seluruh pegawainya dan pihak-pihak terkait yang bekerja di lingkungan lembaga antirasuah.

"Adapun pelaksanaannya dimulai dari hari Senin tanggal 7 September 2020 sampai dengan hari Kamis tanggal 10 September 2020 pukul 09.00 – 16. 00 WIB bertempat di Aula Gd. Juang Lt. 3 & halaman lobby belakang gedung KPK," ujar Ali.

Ali menambahkan, bagi pegawai yang selesai melakukan tes swab, wajib bekerja di rumah hingga hasil tes diumumkan.

Baca Juga: 4 Anak Novel Baswedan Juga Positif COVID-19, Tertular dari Ayahnya?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya