Mengaku Kelaparan, Pemerintah Sumbang Traktor untuk Siswi SMP Aceh

Putri sempat mengeluh kelaparan di media massa.

Jakarta, IDN Times - Berita salah satu media massa mengenai Putri Dewi Nilaratih beberapa waktu lalu bikin hati pemerintah tergugah. Intinya, di media massa, siswi SMP di Aceh itu mengaku kelaparan dan memerlukan bantuan orang lain agar dapat hidup layaknya lingkungan sekitarnya.

Membaca kabar tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman turun tangan. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kata Amran, tidak boleh ada masyarakat yang tidak bekerja apalagi tak mendapatkan pangan.

"Kami baca di berita bahwa si Putri ini lapar, hari itu juga kami minta telepon sekjen pada hari lebaran, pak sekjen cari orangnya," katanya di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (13/8).

Baca Juga: Data PBB: 820 Juta Orang di Dunia Alami Kelaparan, Tega Buang Makanan?

1. Agar digunakan untuk mata pencaharian

Mengaku Kelaparan, Pemerintah Sumbang Traktor untuk Siswi SMP AcehIDN Times / Auriga Agustina

Alasan Mentan memberikan traktor dan sapi kepada Putri dan orang tuanya ialah agar bantuan yang diberikan tersebut dapat digunakan untuk mata pencaharian.

"Jangan berikan umpan, beri pancingnya. Kita berikan traktor penghasilannya bisa Rp800.000 - Rp1.000.000 per hari yang antara Rp15.000.000 - Rp20.000.000 penghasilannya nanti. Jadi Putrinya bisa sekolah," tuturnya.

2. Mentan optimistis bantuan itu dapat membuat kehidupan Putri lebih baik

Mengaku Kelaparan, Pemerintah Sumbang Traktor untuk Siswi SMP AcehIDN Times / Auriga Agustina

Ia pun meyakini dengan diberikan fasilitas tersebut, Putri dan keluarganya bisa berhasil keluar dari masalah perekonomian. Keyakinan Amran tersebut karena ia berkada dari kisah hidupnya sendiri. Amran pernah harus menjual batu untuk dapat menikmati sesuap nasi.

"Aku juga dulu jual batu gunung, dan saya 12 orang bersaudara, dia tujuh masih lebih sedikit dari saya. Kami juga jual batu gunung dulu baru bisa makan, orang-orang begini kalau diberi fasilitas dia berhasil, terbiasa mentalnya dan terbiasa kerja keras," ucapnya.

3. Putri berharap cita-citanya tercapai

Mengaku Kelaparan, Pemerintah Sumbang Traktor untuk Siswi SMP AcehIDN Times / Auriga Agustina

Dalam kesempatan yang sama Putri mengatakan bahwa dirinya berharap dengan adanya bantuan tersebut kehidupannya akan menjadi lebih baik dan cita-citanya sebagai polisi wanita (polwan) akan tercapai.

"Mau berubahlah, dari yang kaya gini bisa berubahlah keluarga Putri," katanya.

Baca Juga: Pengungsi di Nduga Diduga Kelaparan, Kemensos Kirim Bantuan

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You