Punya Banyak Aset, 3 Bank Besar Ini Ternyata Hasil Merger

Bank Mandiri hasil penggabungan dari empat bank

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal merger atau menggabungkan tiga bank syariah BUMN, yakni PT BRI Syariah Tbk, PT BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri.

Jika tak ada aral melintang, penggabungan bank syariah BUMN yang dimulai Oktober 2020 ini, akan rampung pada kuartal 1 tahun 2021 mendatang.

Sebelum 3 bank syariah BUMN ini digabung, ternyata ada beberapa bank besar di Indonesia yang merupakan hasil merger. Bank apa saja? 

Baca Juga: Tiga Bank Syariah BUMN Dimerger, Erick Thohir: Ini Tonggak Sejarah

1. PT Bank Mandiri Tbk hasil penggabungan dari empat bank

Punya Banyak Aset, 3 Bank Besar Ini Ternyata Hasil MergerGedung Bank Mandiri (IDN Times/Besse Fadhilah)

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998 oleh pemerintah sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan.

Siapa sangka, bank buku empat milik BUMN ini ternyata merupakan hasil penggabungan dari empat bank yakni Bank Pembangunan Indonesia atau Bapindo, Bank Bumi Daya atau BBD, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Dagang Negara.

Mengutip laporan keuangan perseroan tahun 2019 lalu, Bank Mandiri mencatatkan total aset Rp1.318,25 triliun.

2. Bank Permata dibentuk dari penggabungan 5 bank nasional

Punya Banyak Aset, 3 Bank Besar Ini Ternyata Hasil MergerLogo Permata Bank (Website/permatabank.com)

PT Bank Permata Tbk, salah satu bank nasional terbesar di Indonesia ini, merupakan hasil merger dari lima perbankan nasional yakni PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia, dan PT Bank Patriot.

Bank ini kemudian diambil alih oleh Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk, yang merupakan perusahaan besar Indonesia dan memiliki pengalaman kuat di pasar domestik. Akuisisi ini terjadi pada 2004 dan saham utama gabungan keduanya telah meningkat menjadi 89,01 persen pada 2006.

Pada 12 Desember 2019 lalu, Bangkok Bank mengakuisisi saham Bank Permata milik PT Astra International Tbk (ASII) dan Standard Chartered Bank (SCB).

3. Bank CIMB Niaga merger dengan Bank Lippo

Punya Banyak Aset, 3 Bank Besar Ini Ternyata Hasil MergerLogo CIMB NIAGA (Website/cimbniaga.co.id)

Bank CIMB Niaga Tbk melakukan aksi merger dengan PT Bank Lippo pada 2008 lalu. Merger dilakukan Commerce International Merchant Bankers Berhad (CIMB) Group, dengan membeli 51 persen saham Bank Lippo yang dimiliki Santubong Ventures, anak usaha dari Khazanah.

Semula Bank CIMB Niaga bernama Bank Niaga. Pemerintah Republik Indonesia pernah menjadi pemegang saham mayoritas CIMB Niaga saat terjadinya krisis keuangan di akhir 1990-an.

Pada November 2002, Commerce Asset-Holding Berhad (CAHB), kini dikenal luas sebagai CIMB Group Holdings Berhad (CIMB Group Holdings), mengakuisisi saham mayoritas Bank Niaga dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Di bulan Agustus 2007, seluruh kepemilikan saham berpindah tangan ke CIMB Group sebagai bagian dari reorganisasi internal, untuk mengkonsolidasi kegiatan seluruh anak perusahaan CIMB Group dengan platform universal banking.

Baca Juga: 3 Bank Syariah BUMN Mau Dimerger, Ada PHK Karyawan? 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya