[BREAKING] Setelah Gerindra, Giliran PKS Kena OTT 'Serangan Fajar'

Enam orang diserahkan ke Panwascam

Medan, IDN Times - Tiga tim sukses dan caleg Partai Gerindra kena operasi tangkap tangan di tiga tempat berbeda di Sumut.

Tadi malam, Tim Khusus (Timsus) Money Politic Polrestabes Medan, Polsek Medan Baru dan Panwas Kecamatan Medan Baru dikabarkan mengamankan enam orang dari Kantor Sekretariat DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan.

Seperti kasus Gerindra, penangkapan ini diduga berkaitan dengan aktivitas 'serangan fajar' atau money politics yang dilakukan untuk memenangkan calon legislatif.

Penangkapan di DPP PKS bermula saat informasi pembagian barang paket handuk dan kartu nama yang diduga dilakukan tim sukses (timses) caleg DPR RI, DPR Provinsi dan Caleg DPR Kota dari PKS, Senin (15/4) malam pukul 23.30 WIB di Kantor PKS di Jalan Sei Beras Medan Baru.

Polsek Medan Baru menerima informasi pembagian suvenir yang ditaruh dalam kertas kresek dan diduga dibagi-bagikan kepada masyarakat untuk memilih salah satu peserta caleg oleh sekelompok orang di daerah Sei Beras.

Petugas yang langsung ke lokasi menemukan sesuai informasi masyarakat juga beserta beberapa kartu nama untuk menyoblos SH, EG, RS dan MH.

Kemudian tim mengamankan enam orang tersebut berikut koordinator lapangan yaitu TW, SR, MP, MRI, AF, MHN semuanya warga Medan.

Dari mereka disita enam buah handuk serta dua lembar kertas brosur atas nama caleg yang dimasukkan masing-masing ke dalam plastik, 31 lembar brosur atas nama caleg.

Keenamnya telah diserahkan ke Panwascam Medan Baru, Jalan Mandolin. Saat ini masih dalam pemeriksaan oleh penyidik guna tindak Lanjut selanjutnya.

Ketua Pannwascam Medan Baru Hasudungan Silaen membenarkan telah diamankannya enam timses PKS tersebut. Menurutnya, ada kampanye di masa tenang dengan bagi-bagi handuk dan kartu atasnama Rajudin kepada sekitar 50 orang.

"Ada bagi-bagi tapi bukan dari tangan Rajudin, tapi dari orang lain. Ada contoh beberapa surat suara caleg DPRD dan contoh surat suara DPD. Ini yang dibagi-bagikan. Saya minta tolong jangan dilepas, lalu diperiksa beberapa orang hingga tadi pagi," kata Hasudungan.

Baca Juga: Jelang Pencoblosan, 3 Timses dan Caleg Gerindra Terjaring OTT di Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya