TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengapa Patung Garuda IKN Pakai Bahan Kuningan? Ini Alasannya

Kuningan dan baja mudah dalam perawatan dan tahan lama

I Nyoman Nuarta (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Pembuat patung Garuda Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, I Nyoman Nuarta membeberkan alasan di balik penggunaan bahan kuningan dan baja pada ikon ibu kota baru ini. Kedua bahan itu dinilai kuat dan tahan lama.

Menurut Nyoman Nuarta, penggunaan kuningan dan baja pada patung IKN Nusantara akan mempermudah dalam perawatan dan tidak mudah kotor. Mengingat, kantor presiden masuk dalam Bangunan Gedung Fungsi Khusus (BGFK).

"Pake itu (kuningan dan baja) supaya nanti kantor presiden terjamin kebersihan tanpa harus dirawat. Jadi misalkan terima tamu agung harus bebersih dulu. Ini gak ada lagi, tapi perlu di rawat tanaman di dalamnya," ujar Nyoman, Rabu (19/7/2023).

1. Kuningan cepat menguapkan panas sinar matahari

Selubung patung Garuda IKN Nusantara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, bahan kuningan dan baja juga ikut menjaga suhu agar kantor kepresidenan tidak merasakan panas berlebih. Mengingat, lokasi IKN Nusantara di kecamatan Samboja dan kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memiliki kondisi cuaca yang berbeda dengan pulau Jawa.

"Kuningan kalau dihantam matahari langsung panas 20 centimeter. Jadi langsung menguap, ini perlu diketahui," ungkapnya.

2. Baja berasal dari lokal Indonesia

I Nyoman Nuarta (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Nyoman menjelaskan, penggunaan bahan ini juga sesuai dengan aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Artinya, untuk keperluan baja sendiri bersumber dari perusahaan dalam negeri. Sehingga IKN Nusantara berdiri dari produk dan tangan anak negeri.

"(Bahan patung) ini kan TKDN lokal 70 persen, baja krakatau steel. nunggu dari itu dikerjakan, baru buat struktur inti. Kami sendiri hanya mengerjakan selubung atau fasad," ungkapnya.

Baca Juga: Biaya Pembangunan Masjid IKN Nyaris Rp1 Triliun, Bakal Seperti Apa?

Baca Juga: Ini Bocoran Konsep Lengkap IKN Nusantara yang Diungkap di Kazakhstan

Berita Terkini Lainnya