Comscore Tracker

Komisi IX DPR: PSBB-PPKM Tak Efektif karena Kebijakan Setengah Hati

PSBB dan PPKM dinilai sebagai kebijakan setengah hati

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara gamblang menyebutkan jika kebijakan Pemberlakukan Kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali tidak efektif. Kebijakan pemerintah ini dikritisi Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani Aher sebagai bentuk keputusan setengah hati dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Netty meminta pemerintah harus mencari terobosan inovatif  untuk menekan angka kasus COVID-19. 

"Untuk apa kewenangan kebijakan dan dukungan anggaran yang luar biasa besar jika tidak ada perubahan kondisi yang terukur. Kewenangan eksekusi harus digunakan dengan benar dan sungguh-sungguh," katanya dalam keterangan pers, Senin, (1/2/2020).

1. Pemerintah diminta fokus pada penguatan sistem kesehatan

Komisi IX DPR: PSBB-PPKM Tak Efektif karena Kebijakan Setengah HatiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Netty menilai kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia saat ini karena pemerintah membagi hati untuk penguatan sistem kesehatan dan pemulihan ekonomi. Untuk itu, ia memberikan saran agar pemerintah melakukan karantina wilayah secara penuh. 

"Sudah saatnya pemerintah fokus pada penanganan kesehatan dan lakukan karantina wilayah secara penuh. Pemerintah harus berani ambil opsi ini dan bertanggung jawab atas risikonya," katanya.

Baca Juga: Mengenal COVID Tongue, Bercak di Lidah yang Jadi Gejala Baru COVID-19

2. PSBB dan PPKM dinilai sebagai kebijakan setengah hati

Komisi IX DPR: PSBB-PPKM Tak Efektif karena Kebijakan Setengah HatiIlustrasi tindak lanjut SatpolPP (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menurut Netty PSBB dan PPKM adalah contoh dari kebijakan setengah hati. Sebab, kebijakan itu bertujuan untuk membatasi mobilitas penduduk, namun kerumunan massa tetap terjadi di banyak titik.

"Di pasar tradisional, antrean dalam pengurusan SIM/STNK, rumah makan, bahkan kegiatan perkumpulan di masyarakat masih berjalan tanpa menaati prokes,” katanya.

3. Kasus COVID-19 semakin melonjak dan ekonomi Indonesia tidak kunjung pulih

Komisi IX DPR: PSBB-PPKM Tak Efektif karena Kebijakan Setengah HatiAnggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (IDN Times/PKS.id)

Hasilnya, lanjut Netty, kebijakan tersebut tidak bisa menekan laju penambahan kasus. Justru, kasus COVID-19 makin melonjak dan ekonomi tidak pulih. Sekali lagi ia menekankan bahwa pemerintah harus mengerahkan segenap upaya guna mencari formulasi kebijakan yang lebih efektif, yang memang cocok diterapkan di Indonesia

"Sampai saat ini angka kasus sudah  mencapai lebih dari 1 juta dengan positifity rate yang terus meningkat. Angka pertumbuhan ekonomi pun masih terpuruk," jelasnya.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Testing COVID-19 di Indonesia Belum Merata

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya