Comscore Tracker

Calon Kapolri, Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Listyo ke Komisi III DPR

Kompolnas juga sampaikan tantangan Listyo di Polri

Jakarta, IDN Times - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) membeberkan rekam jejak calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit dihadapan Komisi III DPR RI, Senin(18/1/2021). Pemaparan tersebut disampaikan Kompolnas dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang berlangsung secara tertutup.

Ketua Kompolnas Benny Mamoto mengatakan, institusinya memberikan masukan kepada Komisi III terkait rekam jejak calon kapolri Komjen Pol Listyo Sigit.

"Kami memberikan masukan, misalnya terkait rekam jejak, jadi karier-nya dari nol sampai terakhir menjadi Kepala Bareskrim, ada atau tidak catatan-catatan yang negatif," kata Benny Mamoto usai RDPU Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta seperti dikutip dari ANTARA, Senin.

Bukan hanya capaian prestasi, Benny menjelaskan bahwa hal yang disampaikan Kompolnas juga mencakup tentang kekurangan dari Listyo Sigit. Masukan-masukan Kompolnas tersebut akan digunakan Komisi III dalam proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada Rabu 20 Januari 2021 mendatang.

Baca Juga: Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit, Calon Kapolri Mantan Ajudan Jokowi

1. Kompolnas sampaikan berbagai tantangan yang akan dihadapi Listyo Sigit saat menjadi kapolri

Calon Kapolri, Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Listyo ke Komisi III DPRBenny Mamoto sebagai pembicara dalam Ngobrol Seru by IDN Times pada Jumat (10/7/2020) dengan Tema "Melacak Pembobolan BNI Senilai Rp 1,7 Triliun" (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Selain itu, Kompolnas juga menyampaikan berbagai tantangan yang akan dihadapi Listyo Sigit saat memimpin Polri. Tantangan itu tediri dari tantangan internal dan eksternal.

"Internal adalah reformasi kultural harus lanjut dan bagaimana membangun soliditas agar menghasilkan kinerja yang optimal," ujarnya.

"Kemudian tantangan eksternal, kita semua tahu sedang menghadapi pandemik. Belum lagi dampak dari pandemik, pengangguran, dampak ekonomi, kemiskinan, ditambah sekarang bencana alam," lanjutnya.

2. Kompolas juga minta Polri perkuat SDM untuk tangani kejahatan teknologi

Calon Kapolri, Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Listyo ke Komisi III DPRKabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers Penetapan Brigjen Pol. Prasetijo Utomo sebagai Tersangka (Dok. Humas Polri)

Benny menjelaskan, Kompolnas juga menyampaikan tantangan Polri di era Revoluasi Industri 4.0. Misalnya seperti bentuk kejahatan dengan teknologi, sehingga Polri harus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia mencontohkan kejahatan siber, ada sekelompok warga negara Tiongkok yang menyewa rumah di perumahan mewah berjumlah 25 orang, namun ternyata kerja memeras pejabat yang ada di negaranya.

"Korban ada di sana (Tiongkok), pelaku ditangkap lalu akhirnya dibawa ke sana dan dideportasi. Saya yakin dengan latar belakang beliau (Listyo Sigit) dan timnya yang kuat bisa mengatasi itu," katanya.

3. Presiden Jokowi ajukan nama Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri

Calon Kapolri, Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Listyo ke Komisi III DPR(Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) melakukan salam komando dengan Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai saat serah terima jabatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebelumnya menetapkan nama Kepala Bareskrim Polri Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri. Hal itu sesuai dengan surat presiden (surpres) yang diantarkan Menteri Sekretariat Negara Pratikno ke pimpinan DPR pada Rabu 13 Januari 2021 lalu.

Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan, surpres tersebut akan diproses dalam 20 hari ke depan. Listyo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

"Proses akan ditempuh 20 hari sejak surpres diterima oleh DPR yaitu hari ini Rabu 13 Januari 2021," kata Puan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Gelar Rapat Tertutup, Komisi III DPR dan PPATK Bahas Calon Kapolri

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya