Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Tinggi, PAN Dukung Lockdown Akhir Pekan di Jakarta

Kamu setuju ada PPKM dan lockdown?

Jakarta, IDN Times - Kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 di DKI Jakarta terus meningkat. Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Ibu Kota, DPRD DKI Jakarta mendukung wacara pemberlakukan lockdown pada akhir pekan.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Lukmanul Hakim mengatakan, perlu ada terobosan untuk meredam kasus positif virus corona yang terus melonjak. Wacana pemberlakuan lockdown pada akhir pekan akan didukung.

"Mohon diperhatikan, per kemarin ada 3.567 kasus positif baru di DKI. Jadi totalnya sudah lebih 280 ribu kasus. Gak akan selesai kalau begini-begini saja. Harus ada terobosan aturan," kata Lukmanul dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Arahan Jokowi Target 2 Pekan Susun Rencana Vaksin hingga Mini Lockdown

1. Lockdown akhir pekan harus disertai penegakan hukum

Kasus COVID-19 Tinggi, PAN Dukung Lockdown Akhir Pekan di JakartaIlustrasi PPKM. Dok. IDN Times/bt

Anggota Komisi A DPRD DKI ini mengatakan, lockdown akhir pekan dibutuhkan karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak efektif. Belajar dari pengalaman PPKM, Lukmanul meminta agar lockdown akhir pekan disertai dengan penegakan hukum.

"Pokoknya harus tegas, selama Sabtu-Minggu, warga tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak. Ini penting, karena weekend memang periode yang paling tinggi mobilitas warganya," ujarnya.

2. Walaupun lockdown akhir pekan, PPKM harus tetap berjalan

Kasus COVID-19 Tinggi, PAN Dukung Lockdown Akhir Pekan di JakartaFoto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Walaupun lockdownd akhir pekan, Lukman berpendapat, PPKM harus tetap diberlakukan. Sehingga, dua kebijakan itu bisa saling melengkapi untuk mencapai sasaran yang diinginkan.

"PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) harus tetap ada. Jadi di hari kerja masyarakat dibatasi dengan PSBB, Sabtu-Minggu tambah diperketat lagi dengan lockdown akhir pekan," kata dia.

3. Pemprov DKI akan kaji wacana lockdown akhir pekan

Kasus COVID-19 Tinggi, PAN Dukung Lockdown Akhir Pekan di JakartaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Perlu diketahui, wacana lockdown akhir pekan yang pertama kali digagas Fraksi PAN di DPR semakin menguat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji, Pemprov akan mengkaji usulan ini, sambil berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Nanti Pak Gubernur juga memimpin rapat-rapat internal, apakah usulan dari DPR (untuk lockdown akhir pekan) dimungkinkan," kata Riza, Selasa, 2 Februari 2021.

Baca Juga: Usulan Pemberlakuan Lockdown Akhir Pekan di DKI Jakarta Dinilai Absurd

https://www.youtube.com/embed/I9fYNQxe6EQ

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya