Jalur Pendakian Gunung Rinjani Mulai Dibuka 7 Juli 2020

Protokol pencegahan COVID-19 akan tetap berlaku

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) akan membuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani pada Selasa (7/7) mendatang. Saat ini pemerintah setempat tengah menyiapkan protokol yang akan diberlakukan.

"Rinjani ini risikonya rendah, tetapi tetap hati-hati, protokol COVID-19 ini harus selalu diterapkan," ujar Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah, di Lombok Timur seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/6).

Ia mewanti-wanti para pendaki dan warga sekitar Gunung Rinjani untuk berdisiplin menjalankan protokol pencegahan COVID-19.

"Kita akan selalu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah sampai vaksin virus (penyebab) COVID-19 ini ditemukan," katanya.

1. Berbagai persiapan pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Mulai Dibuka 7 Juli 2020IDN Times/Sunariyah

Ia juga mengatakan tentang perlunya pembahasan untuk perizinan pendakian Gunung Rinjani melalui satu pintu. Selain itu, juga tentang membangun jalur khusus pengendara kuda dan sepeda untuk memudahkan pembawa barang.

Ia juga menekankan pentingnya pengelolaan sampah di pintu-pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

"Kuncinya di pintu masuk. Ini harus betul-betul kita perhatikan. Rinjani ini tumpuan hidup kita dan sumber air kita. Jadi antara pariwisata dan kelestarian ini harus betul betul kita jaga," katanya

Ia berharap pada 7 Juli, persiapan sudah rampung baik dari hulu hingga hilir. Hal itu perlu diperhatikan dengan baik agar mempermudah sejak wisatawan naik hingga turun.

"Mudah mudahan dengan dibukanya Sembalun ini memberikan semangat bagi kita," katanya.

2. Pembukaan Taman Nasional Gunung Rinjani akan dilakukan secara bertahap dan melalui evaluasi

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Mulai Dibuka 7 Juli 2020IDN Times/Sunariyah

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno mengatakan bahwa pembukaan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk umum akan dilakukan secara bertahap.

"Ini kita buka secara bertahap, 10 persen dulu dan kita evaluasi setiap minggu, tentu yang kita dahulukan ini domestik," katanya.

3. Bupati Lombok Timur akan sosialisasikan protokol kesehatan COVID-19 kepada para pelaku usaha di area Taman Nasional Gunung Rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Mulai Dibuka 7 Juli 2020IDN Times/Sunariyah

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengatakan akan melakukan sosialisasi mengenai pembukaan kembali Taman Nasional Gunung Rinjani kepada seluruh pihak yang terkait. Sosialisasi tentang penerapan protokol pencegahan COVID-19 dalam kegiatan di taman nasional juga akan diberikan kepada para pelaku usaha.

"Kami akan meminta dan memantau semua pihak tetap menerapkan protokol dengan maksimal dan berkomitmen mensosialisasikan protokol COVID-19," katanya.

Baca Juga: 7 Referensi Destinasi Wisata di Kaki Gunung Rinjani, Gak Kalah Seru!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya