Comscore Tracker

BMKG Minta Kawasan Pesisir Waspada Potensi Banjir 27-28 Mei 2020

Potensi banjir di antaranya ada akibat curah hujan tinggi

Jakarta, IDN Times - Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta daerah pesisir waspada akan potensi banjir akibat pasang air laut, gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi. Mereka mengatakan jika potensi itu bisa terjadi pada 27-28 Mei 2020.

"Akibat aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir. Karena itu, masyarakat pesisir pantai diimbau waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (27/5).

1. Wilayah pesisir yang berpotensi mengalami banjir akibat pasang air laut, gelombang tinggi dan curah hujan tinggi

BMKG Minta Kawasan Pesisir Waspada Potensi Banjir 27-28 Mei 2020idn media

Menurut prakiraan BMKG, banjir karena pasang air laut, gelombang tinggi dan curah hujan tinggi berpotensi terjadi di pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali, dan pesisir selatan Nusa Tenggara Barat.

2. Banjir pesisir dapat mengganggu kegiatan transportasi dan petani garam

BMKG Minta Kawasan Pesisir Waspada Potensi Banjir 27-28 Mei 2020Relawan Balikpapan saat bersama tim SAR Samarinda melakukan evakuasi kepada korban terdampak banjir. (IDN Times/Istimewa)

Eko menjelaskan, banjir pesisir akan mengganggu beberapa kegiatan masyarakat. Misalnya saja akitivitas yang dapat terganggu adalah transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat.

"Serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," tuturnya.

3. Masyarakat diminta waspada dan antisipasi dampak banjir di wilayah pesisir

BMKG Minta Kawasan Pesisir Waspada Potensi Banjir 27-28 Mei 2020Rumah warga tergenang banjir air laut ke daratan di pesisir Sayung, Demak, Jateng. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Masyarakat diminta untuk selalu waspada serta mengantisipasi dampak dari banjir di wilayah pesisir. Masyarakat dapat memantau perkembangan informasi mengenai hal tersebut di laman web BMKG.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Eko.

Baca Juga: Merasa Suhu Udara Lebih Panas dan Gerah? Begini Penjelasan Ilmiah BMKG

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya