Comscore Tracker

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa Diandalkan

Hal itu pasti bisa tercapai dengan kerjasamamu dan sahabatmu

Setiap orang pasti memimpikan persahabatan yang solid dan dapat diandalkan dalam situasi apa pun. Membangun dan menemukan persahabatan yang solid, bukanlah suatu hal yang mudah. Akan tetapi, hal itu pasti bisa tercapai dengan kerja samamu dan sahabatmu. Inilah cara membuat persahabatanmu semakin solid.

1. Jujur satu sama lain

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa DiandalkanPixabay.com/cuncon

Kejujuran merupakan kunci dari hubungan apa pun, termasuk persahabatan. Kejujuran dalam persahabatan bisa dilakukan dengan menegur jika dia salah, memberikan masukan yang positif, dan tidak membicarakannya di belakang. Jangan lupa untuk selalu menjaga rahasia apa pun yang sahabatmu ceritakan. Itulah awal mula kejujuran dalam persahabatan yang dapat teruji. 

Persahabatan yang solid tidak akan pernah membuatmu berada dalam sebuah kebohongan. Kejujuran juga dapat membuatmu jujur ketika menjadi diri sendiri dan membuatmu nyaman dalam lingkungan tersebut.

2. Selalu suportif dalam segala hal

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa Diandalkanpexels.com/@rawpixel

Persahabatan yang solid harus saling mendukung satu sama lain, bukan saling menjatuhkan. Kamu dan sahabatmu juga harus saling mendukung apa pun yang dilakukan. Bukan melarang, tetapi lebih memberikan pendapat mengenai suatu hal, ikut senang jika sahabatmu berhasil dan senang, serta mendukung jika dirinya sedang bimbang dalam mengambil keputusan. Jangan pernah saling menjatuhkan!

Suportif juga bisa berarti tidak melarang sahabatmu berteman atau bergaul dengan orang lain. Dengan begitu, kamu mendukung dirinya berkembang dan dapat menerima lingkungan lain. Hal ini sama saja seperti kamu mendukung dirinya untuk tidak selalu bergantung kepadamu. Karena belum tentu selamanya kamu dan sahabatmu dapat saling ketergantungan.

3. Setia dalam segala situasi di hidupmu

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa Diandalkanpexels.com/Elle Hughes

Sahabat solid nan sejati merupakan mereka yang bisa setia dalam segala situasi. Di saat senang atau susah, di saat kamu ada di atas atau di bawah, dia akan selalu ada. Awal mula kesetiaan dapat kamu mulai dengan saling terbuka satu sama lain, sehingga kalian mengetahui masalah kehidupan masing-masing.

Saling terbuka yang berujung kesetiaan, akan membuat persahabatanmu kian kuat dan tidak ada yang ditutupi. Dalam situasi apa pun, kamu juga harus bisa saling menerima tanpa terbatas kondisi. Dengan begitu, persahabatanmu terasa lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Hal Ini Hanya Dirasa Kamu yang Sudah Bersahabat 5 Tahun Lebih

4. Saling percaya satu sama lain

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa Diandalkanpexels.com/belart84

Persahabatan yang solid adalah persahabatan yang dapat menjaga kepercayaan. Rasa saling percaya membuatmu dan sahabat merasa tenang jika bercerita. Dengan saling percaya, persahabatan akan terasa lebih bebas. Kamu dapat berteman dan bergaul dengan siapa pun karena sudah saling percaya, tetapi percaya juga jika temanmu menegur suatu hal mengenai dirimu.

Sahabat merupakan salah satu orang yang bisa mengetahui kondisi dirimu. Dengan saling percaya, kamu akan menerima masukan terbaik untuk dirimu. 

5. Tidak mudah tersinggung

Ini 5 Cara Supaya Persahabatanmu Semakin Solid dan Bisa DiandalkanUnsplash/Omar Lopez

Jika ditegur, kamu jangan mudah tersinggung. Teguran seorang sahabat akan menjadi wejangan yang berguna bagi kehidupanmu. Jika bercanda, persahabatan yang sudah solid tidak akan mudah tersinggung dengan gaya bercanda sahabat. Kalian sudah sama-sama mengerti. Memiliki sahabat yang tidak mudah tersinggung akan membuatmu lebih bebas berekspresi dan membuat kamu bisa menjadi diri sendiri.

Sudahkah kamu memiliki persahabatan yang solid?

Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kembali Akrab dengan Sahabat Lama

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You