Comscore Tracker

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnya

Jangan bandingkan masalahmu dengan masalahnya lho!

Kabar duka bisa datang kepada siapa saja. Termasuk sahabatmu sendiri. Beberapa orang kesulitan untuk menghadapi momen seperti ini, rasa bingung mau menghibur dengan kata-kata yang seperti apa bikin lidah jadi kaku dan akhirnya berujung gak ngucapin apa-apa.

Padahal pada momen yang sulit seperti ini, kehadiranmu juga berharga buat mereka lho. Biar kamu gak bingung lagi menghadapi momen seperti ini, coba deh baca delapan poin di bawah ini.

1. Tanya kabarnya

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnyapexels/mentatdgt

Kamu gak perlu sibuk merangkai kata-kata indah untuknya, kamu cukup berada di sampingnya. Jangan sampai karena bingung memikirkan kata penghibur yang tepat kamu malah berujung gak nyamperin dan gak ngomong apa-apa soal keadaannya ya.

Pasalnya, dia bakal malah ngerasa dijauhin sama kamu dan bebannya jadi bertambah. Tanyakan pertanyaan apa kabar sesekali padanya, katakan bahwa telinga dan pundakmu selalu siap sedia untuknya.

2. Coba jadi pendengar yang baik

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnyaunsplash/Abo Ngalonkulu

Saking besarnya beban di pundak mereka, biasanya mereka malah cenderung menutupi hal itu. Padahal hal itu gak sepenuhnya baik lho, yang ada emosi yang menumpuk itu bakal meledak di suatu hari.

Sebagai seorang teman kamu bisa menawarkan telinga untuknya. Setiap kali dia bercerita, berikan perhatian penuh pada ceritanya. Gak perlu sibuk memikirkan saranmu untuknya, karena beberapa orang cuma pengen didengerin aja kok.

3. Jangan menghakimi apa pun yang dia ucapkan atau lakukan terlebih dahulu

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnyapexels/Pixabay

Cara seseorang menanggapi suatu kejadian itu berbeda-beda. Duka mereka bisa dihadapi dengan cara mereka sendiri. Jadi, setiap kali kamu merasa gak sreg dengan pilihan mereka akan sesuatu hal yang berhubungan dengan itu. Beri pengertian lebih.

4. Sedih itu bukan suatu hal yang harus dihindari kok!

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk MenghiburnyaPexels/Daria Shevtsova

Seperti rasa senang dan bahagia, perasaan sedih dan kecewa itu sesuatu yang lumrah untuk dialami oleh setiap manusia. Jadi, beri waktu mereka untuk bersedih dan menyelesaikan perasaannya. Ignoring negative emotions won't do any good! Jangan sampai ucapanmu malah jadi toxic positivity ya.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Jika Akrab dengan Teman-teman Pasangan

5. Selalu ada untuk mereka

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk MenghiburnyaPixabay/Anemone123

Seperti yang sudah disinggung pada poin di atas. Seorang teman dekat itu punya significant role dalam proses penyembuhan seseorang lho. Walau mungkin perasaan sedihnya gak bakal sepenuhnya bisa kamu rasakan atau mengerti, tapi dengan kamu berada di sampingnya and be vocal about it, mereka pasti bisa terbantu menjalani hari-hari yang berat itu.

6. Bantu mereka

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk MenghiburnyaUnsplash/Alicia Steels

Saat perasaanmu kelabu, mengerjakan satu pekerjaan saja rasanya jadi berat banget. Butuh effort lebih untuk mereka bisa menjalani kesehariannya seperti biasa.

Ini adalah kesempatanmu untuk maju dan menawarkan bantuan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, dari mulai memasak untuknya, menyewakan jasa cleaning service untuk membersihkan kamarnya, atau sesederhana membelikan grocery shopping.

7. Jangan pernah bandingkan masalahmu dengan masalahnya

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnyapexels/skitterphoto

Kebiasaan untuk membandingkan keadaan orang lain dengan keadaan kita itu bikin gak nyaman lho. Saat temanmu berkeluh kesah tentang kisah sedihnya, kamu gak perlu ikut nimbrung dengan menceritakan masalahmu juga.

Setiap orang punya masalahnya masing-masing, kalau kamu merasa perlu cerita sebaiknya tunggu momen yang tepat dan jangan menggunakan kalimat yang komparatif. Hal itu bikin orang gak ngerasa didengerin dan merasa masalahnya dianggap enteng.

8. Habiskan waktu bersenang-senang bersamanya

Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnyapexels/@thiszun

Lakukan aktivitas yang kalian berdua sukai. Pergi ke restoran favorit kalian, nonton film, atau berolahraga bersama. Siapa tahu hal-hal seperti ini bikin bebannya sedikit terangkat dan bisa tersenyum bahagia.

Itu tadi delapan hal yang bisa kamu lakukan saat menghibur temanmu yang sedang kesusahan. Semoga dia cepat pulih ya dari rasa sedihnya!

Baca Juga: Tak Selalu Mudah, 5 Fase saat Berduka Ini Penting untuk Kamu Pahami 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya