Comscore Tracker

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacar

Ada apa gerangan sih kawan?

Siapa sih yang ingin hubungan asmaranya ribet? Pastinya kalian memilih untuk berusaha menciptakan suasana yang nyaman dan hangat dalam hubungan, kan? Melakukan hal romantis hingga mengalah demi pacar adalah beberapa usaha yang dilakukannya untuk menciptakan kondisi tersebut. Akan tetapi, beberapa pasangan justru lebih sering berselisih dan bersitegang satu sama lain.

Saking seringnya, bertengkar seakan menjadi rutinitas dalam hubungan dan membuat keduanya terlihat gak akur. Jika kamu dan pacar termasuk sering berantem, cobalah tips supaya lebih aku dengan dengan pacar dari Psychology Today dan Wikihow di bawah ini!

1. Tetaplah menjaga keingintahuanmu tentang pasangan

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/christinhumephoto

Gak akan pernah ada waktu yang cukup untuk memastikan bahwa kamu telah mengenal pasangan. Sekalipun kamu dan dia telah bersama lebih dari 5 tahun, jangan keburu puas dengan apa yang kamu tahu saat ini!

Tetaplah jaga keinginan untuk terus mengenal pasanganmu. Daripada langsung berasumsi bahwa kamu mengetahui betul keinginan pasangan, gak ada salahnya bertanya dan berkomunikasi dengannya.

2. Hilangkan keinginan untuk mengubah pasangan

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/jfollis613

Inilah pentingnya ketika jatuh cinta pada seseorang, pastikan jika kamu benar-benar menerima kelebihan dan kekurangannya. Hal ini akan mencegahmu untuk berpikir mengubah pasangan sesuai kehendakmu. Itu hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia, bahkan mengecewakan.

Jika memang ada hal yang harus ditingkatkan, sarankan padanya dan bantulah dia. Akan tetapi, ini akan kembali bergantung dengannya. Jadi, berhentilah mencoba untuk mengubah pasanganmu, ya!

3. Saling menghormati nilai-nilai pasangan

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/benwhitephotography

Setiap orang itu tumbuh dengan membawa nilai-nilai yang diyakini dan tertanam dalam dirinya. Ada kalanya nilai tersebut berbeda dengan nilai orang lain, termasuk kamu dan pasangan. Perbedaan nilai ini sering jadi faktor pemicu perselisihan dan pertengkaran.

Jangan langsung menolak dan menganggap aneh nilai dari pasangan, meski bagimu terasa begitu. Cobalah kamu melihat dari sudut pandang pasangan. Terkadang memang gak harus selalu menyamakan sebuah perbedaan di antara kamu dengan pacar, kok!

4. Pelajari love language dan gaya komunikasi pasangan

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/mayurgala

Love language dan komunikasi merupakan salah satu mesin yang menjalankan hubunganmu dengan pacar setiap hari. Setiap orang memiliki cara menyampaikan cinta dan cara berkomunikasi yang berbeda-beda.

Perbedaan ini terkadang menimbulkan perselisihan. Contohnya, apa tindakan yang telah dianggap membuktikan cinta, justru dirasa sebaliknya oleh pasangan. Cobalah untuk mempelajari hal tersebut. Jika kamu gak pandai mengobservasi, tanyakan saja!

Baca Juga: 10 Potret Romantis Adinda Azani dan Adhitya Alkatiri, 5 Tahun Pacaran

5. Jangan merasa gengsi untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/christnerfurt

Kamu gak akan selalu benar di dunia ini. Ketika kamu berbuat kesalahan pada pasangan, gak ada salahnya untuk mengakui dan meminta maaf. Meminta maaf gak membuatmu terlihat seperti pecundang.

Hal ini juga bukan berarti kamu kalah karena kamu gak sedang berkompetisi dengan pacar. Justru ketika kamu berani mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan tulus, si dia bisa makin sayang sama kamu.

6. Jangan pelit untuk memuji dan mengungkapkan penghargaan pada pasangan

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/usmanyousaf

Jangan anggap semua kebaikan pasangan merupakan suatu kewajiban, yang memang harus dilakukan olehnya! Begitu pula dengan prestasi yang diraih oleh pacar, jangan pula kamu malas memujinya!

Pujian yang tulus akan membuat hatinya berbunga-bunga dan semakin cinta padamu. Semua orang ingin mendapatkan respons positif seperti pujian, termasuk kekasihmu yang tercinta.

7. Jangan hanya mengkritik pasangan. Cobalah untuk mengevaluasi diri juga!

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/fodelwdc

Selama ini, kamu mungkin terlalu fokus mengkritik pasangan. Padahal, kualitas diri kita juga memegang peranan penting untuk keberlangsungan hubungan pacaran. Cobalah untuk mengevaluasi diri sendiri!

Jangan-jangan, selama ini kamu yang terlalu posesif padanya? Kalau memang perlu, cobalah bertanya kepada pasangan mengenai dirimu! 

8. Sempatkan waktu di tengah kesibukan masing-masing untuk quality time

Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacarunsplash/septdoigt

Mungkin selama ini, kamu dan pacar sedang tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Kompak lelahnya, begitu pun juga kompak akan nihilnya informasi yang diketahui dari pasangan. Mengurus pekerjaan itu gak akan pernah ada habisnya, lho!

Cobalah untuk meluangkan waktu, kemudian melakukan kegiatan berdua alias quality time. Bisa sambil menonton film, mendaki gunung bersama, atau hanya sekedar nongkrong sambil ngobrol di cafe. Kalau perlu, buatlah jadwal khusus supaya gak lupa!

Itulah 9 tips supaya kamu bisa lebih akur dengan pacar. Semoga berantemnya bisa berkurang, ya!

Baca Juga: 10 Perjalanan Cinta Reza Arap dan Wendy dari Pacaran hingga Menikah

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya